Pasang Iklan Elemensatu

Ada lima cara aman untuk berbelanja secara online

elemensatu
0


Berbelanja secara online mungkin sudah dianggap sebagai hal yang membahayakan bagi suatu orang.
Sebab, jarak yang jauh dan beresiko terhadap penipuan.

Tentu hal tersebut bisa terjadi dan untuk kali ini kita akan membagikan beberapa tips atau cara yang dapat dipakai untuk mengantisipasi hal tersebut dan mencegah penipuan ketika membeli sesuatu secara online.

Internet di zaman now ini seperti kehidupan kedua dimana segalanya sangat mudah dan tergantung dari jati diri kita. Internet juga ada polisi (Cybercrime) yang bisa melindungi dan membantu memecahkan masalah yang terjadi.

Dan dengan begitu, calon pembeli tidak akan takut membeli barang online selagi tahu identitas dan lokasi penjual.

Berikut ini kita akan mengulas cara aman untuk berbelanja secara aman :

01 Belanja hanya di situs terbaik dan terkenal

Satu-satunya cara untuk mencegah adanya penipuan dan lapak resmi populer seperti Lazada, Bukalapak dan Tokopedia. Situs ini telah memiliki sistem anti penipuan sehingga pembeli dan penjual tidak akan dirugikan.

Contohnya, apabila pembeli ingin membeli sesuatu, bisa bertanya terlebih dahulu dan memastikan akun penjual tersebut asli dan sudah terverifikasi.

02 Pastikan situs menggunakan koneksi yang aman

Ketika calon pembeli menelusuri situs dan ingin membeli barang yang akan dipilih, pastikan terlebih dahulu pada address bar yang mengindikasikan bahwa situs memakai koneksi mana atau tidak. Biasanya ada ikon berwarna hijau disamping URL.

Dan pengguna bisa mengganti URL dari awalan HTTP menjadi HTTPS. Hal ini dipakai untuk mencegah penyadapan data yang dituliskan pada situs web tersebut, contoh mengisi informasi kartu kredit atau lainnya.

03 Gunakan perangkat pribadi

Dengan memakai perangkat pribadi ketika dipakai untuk melakukan transaksi terasa lebih aman daripada meminjam perangkat teman ataupun orang lain. Hal ini bisa mengacu ke pencurian data.

Contohnya, ketika anda lalai dalam hal tidak melakukan Logout setelah melakukan transaksi, maka orang lain bisa menggunakan akun anda dalam berbelanja hingga uang anda habis.

04 Menggunakan sistem Rekening Bersama

Ibaratnya dalam satu orang sebagai orang ketiga atau biasa disebut sebagai Jasa Pengaman dan bekerja untuk memastikan bahwa barang telah diterima oleh pembeli dan uang pun akan disalurkan ke akun penjual.

Namun jika barang tidak diterima, maka uang pun tidak akan disalurkan hingga barang berhasil diterima ataupun dibatalkan apabila barang tidak sampai ke tujuan dengan kata lain tidak dikirim.

05 Jangan terlalu banyak memberikan informasi

Penjual yang cerdas biasanya tidak banyak membutuhkan informasi seperti KTP ataupun KK. Jika mereka tidak percaya terhadap pembeli, maka harus diberlakukan sistem RekBer (Rekening Bersama) supaya lebih aman.

Sebagai calon pembeli, lebih baik berpikir dulu apakah penjual tersebut bisa dipercaya atau tidak, Oleh sebab itu, jangan memberikan informasi penting seperti KTP atau KK dengan alasan pribadi. Sebab, informasi penting KTP atau KK jatuh ke tangan yang salah, maka bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Untuk itulah, calon pembeli harus benar-benar jeli dan teliti untuk melihat atau mencari data penjual seperti testimoni, keunggulan dari toko onlinenya serta ulasan penting dan lain sebagainya.

Jangan lupa ikut membaca cara dapat uang dari google adsense
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!