Tips dalam mencari mentor berpengalaman

elemensatu
0


Ketika merintis bisnis, mempunyai mentor akan sangat membantu. Mentor adalah orang dengan pengalaman di dunia bisnis, yang dapat membantu seorang pebisnis muda dengan nasihat atau petunjuk. Kita bisa bertanya apa pun seputar bisnis pada mentor, mendengarkan tips dan advis, bahkan meminta solusi saat ada masalah.

Seorang mentor bisa membuat seorang pebisnis startup memahami skenario-skenario luas, mulai dari strategi bisnis, memperluas jaringan, dan sejenisnya.

Mempunyai beberapa mentor sekaligus? bukan hal yang salah, bahkan kamu bisa mendapat masalah lebih. Sebab seorang mentor saja tidak mungkin memenuhi kebutuhanmu, mengingat dia pun punya kesibukan sendiri.

 Kamu akan mendapat sudut pandang dari beberapa mentor sinergi antar beberapa pandangan mentor sangat membantu kita dalam pengembangan bisnis Siapa saja kandidat mentor ? Kesulitan bagai mana mendapatkan mentor yang sesuai karna kamu masih belum punya gambaran sama sekali ? ada beberapa kelompok disekitarmu yang bisa jadi punya pigur mentor yang sesuai :

1. KELUARGA DAN TEMAN-TEMAN

Mulai lah dari lingkunan terdekat,keluarga dan teman-teman.”kadang kamu bisa berbicara dengan kerabat atau teman-teman,orang-orang yang kamu percaya,yang kenal baik dengan mu, dan akrab, ujarmartin lekman, konselor diservis sorvs of retidred exsekutifs assosiation (SCORE), Sebuah pusat mentoring bagi pembisnis yang punya ratusan cabang di amerika.


2. JARINGAN YANG LEBIH LUAS

Merasa kurang dari advis dan teman-teman? perluas kejaringan yang lebih luas, yaitu orang-orang yang tidak terlalu mengenalmu, atau sebaliknya. pastikan mereka adalah sesosok yang punya pengalaman bisnis cukup bagus dan bisa di jadikan teladan. mereka bisa saja pigur berpengaruh di komunitas tertentu, atau pembisnis ternama yang masih bisa kamu jangkau. carilah teman yang bisa mempertemukan kalian, sehingga kamu bisa berinteraksi dengannya. kandidat mentor juga dapat ditemukan di ajang koferensi, seminar, pameran, dan acara bergengsi bagi pembisnis lainnya.

3. SOSOK YANG BENAR-BENAR ASING

Jika orang-orang di sekitarmu tak ada yang potensial, pertimbangkan untuk mencari sosok yang benar-benar asing. mereka bisa saja pembisnis populer atau mutipator, tapi sama sekali tak kamu kenal secara personal, dan tak ada temanmu yang di jadikan perantara untuk berkenalan. di era media sosial, nampaknya itu bukan masalah. Para pembisnissukses, pemimpin perusahaan, atau motipator bisnis, puya akun facbook, twitter, atau instegram, dimana mereka bisa dihubungi denga mudah.

Mulai lah berinteraksi dengan mereka, pelajari bagai mana mereka meberi pencerahan-pencerahan bisnis di akun media sosialnya. Libatkan dirimu dalam bisnis online setelah mendapatkan kandidit sesuai, ajak lah dia berkomunikasi secara perbadi, melaluai pesan istag, lebih jauh lagi, temuilah dia.

Carilah mentor yang bukan kompotitormu ini merupakan nasehat terbaik. kompotitor tidak akan sedia memberikan masukan bermanpaat bagimu.yang di maksud disisni bukan di maksud kompotitor secara langsung. Sebagai contoh, jika kamu berjualan kaos,maka mereka yang berjualan kemeja bukan lah kompotitor langsung. namun setidknya mentor dari bisnis itu bisa memberi pencerahan seputar industri garmen.

Satu lagi yang perlu diingat, cara mentor yang punya sekala bisnis jauh lebih besar darimu,  sebab dia tidak akan memandangmu sebagai pesaing. michael lahman menyarankan untuk mempertimbangkan supplier, asosiasi industri, atau majalah bisnis sebagai sumber informasi untuk mencari mentor potensial.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!