Pasang Iklan Elemensatu

Yahoo Messenger resmi ditutup

elemensatu
0


Dirilis pertama kali pada 9 Maret 1998 dengan nama Yahoo Pager dan kemudian berganti nama menjadi Yahoo Messenger pada tahun 1999.

Bagi pengguna internet aktif di era 2000 - 2010, Yahoo Messenger atau yang biasa disingkat YM pasti sudah menjadi aplikasi messenger yang wajib terinstall di komputer. Chat melalui YM pun sudah menjadi bagian dari aktivitas sehari hari.

Di awal era 2000an aktivitas chat memang sedang booming, bahkan banyak orang yang sengaja meluangkan waktunya ke warnet hanya untuk chatting, Fenomena jejaring sosial belum seperti sekarang.

YM bukanlah satu satunya Messenger, sebelumnya yang cukup fenomenal adalah MIRC dan AIM, namun kalah populer dengan YM. Saking fenomenalnya aktivitas chat saat itu hingga menginspirasikan T-Five untuk membuat lagu berjudul MiRC.

Fitur yang lengkap membuat YM begitu praktis dan mudah digunakan serta banyaknya pengguna Yahoo Mail membuat YM lebih mudah diterima oleh netter.

Pesaing terkuatnya saat itu adalah MSN Messenger, yang sempat berganti nama menjadi Live Messenger pada tahun 2005, namun popularitasnya juga kalah jauh dibanding YM dan pada akhirnya layanannya dihentikan secara global pada 2014.

Yahoo merupakan raksasa pada masanya, lebih dari 1 dekade lalu semuanya tentang Yahoo, Games, situs berita, email, mesin pencarian, grup diskusi, Yahoo answer, photo sharing, messenger, Blog, dlsb, hingga perlahan harus takluk oleh Google.

Sepanjang 20 tahun perjalanannya, YM telah banyak mengalami penambahan dan perubahan fitur. Beberapa fitur penting dan identik dengan YM seperti Voice dan video chat, Game, Room, mulai dihilangkan seiring berkurangnya pengguna pada fitur fitur itu.

Tepat pada hari ini, 17 Juli 2018, seluruh layanan YM resmi ditutup dan tidak dapat diakses melalui platform manapun.

Informasi seputar penutupan layanan YM bukanlah hal baru. Secara bertahap pada 27 Maret 2016, aplikasi YM hanya bisa diakses melalui Android, iOS dan web browser. Aplikasi pada Windows, Linux, dan Mac sudah tidak disupport dan servernya akan bertahap dimatikan pada 5 Agustus 2016 hingga 31 Agustus 2016 Aplikasi dari desktop tidak dapat lagi mengakses ke server.

Layanan YM masih bisa digunakan melalui web browser hingga 17 Juli 2018. Setelah 17 Juli, akses ke server dan layanan chat sudah tidak dapat digunakan. ID Yahoo akan tetap aktif dan dapat digunakan untuk layanan Yahoo lainnya.

User juga diberikan waktu 6 bulan sejak 17 Juli 2018 Hingga akhir November 2018 untuk men-download chat history di: https://messenger.yahoo.com/getmydata

Semakin bertambahnya pemain dalam teknologi informasi membuat persaingan semakin ketat. Yahoo Messenger yang bukan ber-platform mobile seperti kesulitan untuk bisa bersaing dengan mereka yang memang fokus dan berangkat dari platform mobile.

Kejatuhan Yahoo membuat Yahoo harus mengevaluasi seluruh bisnisnya termasuk mematikan layanan-layanannya yang membuat popularitasnya kian menurun hingga benar benar ditinggalkan usernya.

Kepraktisan juga menjadi salah satu faktor. YM dianggap tidak lagi praktis karena harus menggunakan email untuk login. 1 dekade lalu semua orang menggunakan Yahoo mail, dengan Yahoo mail user bisa login tanpa harus register. Tapi di jaman sekarang siapa yang masih menggunakan Yahoo Mail? Masih banyak memang yang memiliki Yahoo Mail, tapi mungkin harus mengingat ingat lagi password-nya.

Meski bukan yang pertama, YM-lah yang mempopulerkan emoji/emoticon dan stiker yang biasa kita gunakan di apllikasi chat jaman now. Fitur BUZZ! yang diadaptasi oleh BBM dengan PING! juga diperkenalkan oleh YM. Juga Doodle serta IMvironment yang memungkinkan kita ganti ganti theme window chat.

Jauh sebelum ada WA Group, jaman dulu kaskuser selalu bikin chat conference di YM setiap hari. Bahkan ada kompetisi game Pool di YM, kalo engga salah tiap sebulan sekali. Pemenangnya akan mendapatkan tag khusus, jaman dulu cendol dan bagde belum ada.

Begitu banyak kesan dan cerita sepanjang 20 tahun perjalanan YM dengan usernya, mulai dari yang sekedar iseng mencari teman chatting yang punya kesamaan hobi, mencari gebetan dengan A/S/L PLS-nya, mencari pasangan hidup, hingga menjalani sidang perceraian melalui video chat YM pun ada. Beruntung bagi mereka yang bisa menemukan pasangan hidupnya melalui chat room YM, celaka jika ternyata lawan chatnya adalah hode atau bahkan ibunya sendiri.

Teknologi Informasi berkembang dengan sangat cepat, saat ini Facebook Messenger dan Whatsapp sedang berada di puncak kejayaannya, cepat atau lambat mereka akan mengalami apa yang pernah dialami oleh Yahoo Messenger. Setiap masa akan meninggalkan kesan kesannya sendiri.

Terima kasih telah menemani dan memberikan begitu banyak hal, sekarang saatnya benar benar mengucapkan selamat tinggal.

Referensi:

1. https://help.yahoo.com/kb/SLN28776.html
2. http://techgeekandmore.com/2018/07/1...hoo-messenger/
3. https://www.rappler.com/technology/n...lient-retiring
4. http://www.bgr.in/news/rip-yahoo-mes...messaging-app/

Original article from Kaskuser CupCupWawWaw
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!