Elemensatu Kuvisik

Beberapa contoh kebutuhan pokok sehari - hari

MisterIK11
0

Setiap manusia tentunya memiliki kebutuhannya masing masing. Kebutuhan tentunya berbeda dari keinginan. Kebutuhan merupakan segala sesuatu yang mana dibutuhkan oleh manusia yang digunakan untuk bertahan hidup dan memperoleh kesejahteraan. Sehingga kebutuhan tersebut haruslah dipenuhi agar manusia dapat menjalankan kehidupannya sehari hari.

Kebutuhan manusia sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, jika berdasarkan dari intensitas kegunaannya. Kebutuhan terbagi menjadi 3 jenis, antara lain adalah:
  • Kebutuhan primer (pokok) merupakan kebutuhan utama yang harus dipenuhi oleh individu, yaitu sandang, pangan, papan. Sehingga jika tidak terpenuhi akan menganggu jalannya aktivitas dari individu tersebut. (baca juga: Pengertian Masyarakat Multikultural)
  • Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan sekunder dapat dikatakan sebagai kebutuhan tambahan yang mana dapat membuat kebutuhan manusia bisa berjalan lebih baik. (baca juga: Fungsi Bahasa Daerah)
  • Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan yang memiliki tujuan untuk sesuatu hal yang mewah. Kebutuhan tersebut dapat dipenuhi jika kebutuhan primer dan sekunder telah terpenuhi. Sehingga kebutuhan ini ketika tidak terpenuhi pun tidak akan menjadi masalah. (baca juga: Manfaat Perdagangan Internasional)
Kebutuhan manusia jika berdasarkan pada sifatnya terbagi menjadi dua yaitu:
  • Kebutuhan jasmani, merupakan kebutuhan yang dibutuhkan manusia untuk memelihara fisik serta raganya. Misalnya: istirahat, olahraga, dan lainnya.
  • Kebutuhan rohani, merupakan kebutuhan yang dibutuhkan manusia untuk memenuhi kebutuhan jiwa dan batin. Misalnya: hiburan, ibadah, rekreasi, kesenian, dan lainnya.
Kebutuhan manusia jika berdasarkan pada waktunya terbagi menjadi 3, antara lain adalah:
  • Kebutuhan saat ini, merupakan kebutuhan yang mana pemenuhannya harus dilakukan saat ini juga serta tidak dapat ditunda. Misalnya: obat, makanan, minuman, operasi, dan lainnya.
  • Kebutuhan yang akan datang, merupakan kebutuhan yang pemenuhannya dapat dilakukan di masa depan atau dapat ditunda. Namun juga harus dipersiapkan mulai dari dini. Misalnya: tabungan, perlengkapan sekolah, dana pendidikan, asuransi, dan lainnya.
  • Kebutuhan yang tidak terduga, merupakan kebutuhan yang mana dilakukan secara tiba-tiba. Misalnya: konsultasi kesehatan.
Kebutuhan manusia yang didasarkan pada subjek yang dibutuhkan  terbagi menjadi 2 antara lain adalah:
  • Kebutuhan individu, merupakan kebutuhan yang memang diperuntukkan bagi individu atau perorangan. Misalnya: Kebutuhan pelajar, kebutuhan pekerja, kebutuhan presiden, kebutuhan rakyat, dan lainnya.
  • Kebutuhan kelompok, merupakan kebutuhan yang mana diperuntukkan bagi kepentingan kelompok ataupun masyarakat secara bersama-sama. Misalnya: jalan, rumah sakit, angkutan umum, sekolah, dan lainnya.

Menurut berita bisnis hari ini, kebutuhan primer ini memang menjadi keharusan untuk terpenuhi. Sehingga jika tidak terpenuhi tentunya akan menjadi permasalahan di dalam kehidupan. Berikut ini beberapa contoh kebutuhan pokok manusia sehari-hari.

01 Sandang (Pakaian)
02 Pangan
03 Papan (Tempat Tinggal)
04 Keluarga
05 Teman
06 Pengetahuan
07 Pendidikan
08 Pekerjaan
09 Kesehatan
10 Keamanan
11 Informasi
12 Kasih Sayang
13 Ketentraman
14 Identitas

Sumber : www.materiips.com
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!