Elemensatu Kuvisik

Mengulas tentang ponsel Asus Zenfone Max Pro M1 6GB

MisterIK11
0


Asus kembali menghadirkan varian lain dari ponsel cerdas karyanya yang mengunggulkan baterai berkapasitas besar namun dengan harga yang tergolong terjangkau, yaitu ZenFone Max Pro M1. Varian baru ini hadir dengan dukungan RAM lebih besar, yaitu 6GB.

Sebelumnya, Asus juga merilis varian lain dari ZenFone Max Pro M1 dengan dukungan RAM sebesar 3GB dan 4GB. Varian dengan RAM 3GB hadir dengan dukungan ruang penyimpanan internal sebesar 32GB, sedangkan versi RAM 4GB hadir dengan dukungan ruang penyimpanan internal 64GB, serupa dengan versi 6GB.

Untuk desain, ponsel ini hadir dengan desain yang sama seperti varian RAM 3GB dan 4GB. Kesamaan tersebut sering kali membuat kami terkecoh dan sulit membedakan antara masing-masingnya. Ponsel ini hadir dengan bagian belakang bercasis metal dan plastik di bagian atas dan bawahnya.


Selain itu, di bagian belakang, Anda juga akan dapat menemukan sensor pemindai sidik jari serta modul kamera ganda yang tersusun secara vertikal. Soal layar, perangkat ini juga hadir dengan ukuran layar serupa pendahulunya, yaitu 5,99 inci.

Mengusung ukuran layar besar, smartphone Asus ini tetap mampu menyuguhkan pengalaman menyenangkan saat digenggam. Sementara itu, layout tombol sentuh dan port konektivitas pada perangkat ini serupa dengan versi sebelumnya.



Tombol daya dan volume terdapat  di sisi kanan perangkat, yang cukup menonjol, sehingga Anda dapat langsung mengetahui letak tombol saat menyentuh sisi tersebut. Sementara itu di sisi kiri perangkat, Anda akan dapat menemukan slot kartu SIM dan microSD.

Namun serupa dengan pendahulunya, Anda juga tidak akan menemukan port USB-C yang kini tengah menjadi tren di kalangan produsen smartphone. Meskipun demikian, Asus menghadirkan jack audio 3,5mm dan speaker di sisi bawah, mengapit port micro-USB.

Serupa dengan desain, varian dengan RAM 6GB ini juga tidak memiliki perbedaan berarti jika dibandingkan dengan varian sebelumnya. Ponsel cerdas ini masih mengguna sistem operasi mobile Android 8.1 Oreo, tanpa ZenUI, antarmuka pengguna karya Asus.

Usungan sistem operasi murni ini juga berarti Anda tidak akan menemukan aplikasi bawaan lain selain aplikasi karya Google, tanpa aplikasi khas Asus. Namun, Anda sudah dapat menemukan dua aplikasi media sosial Facebook dan Instagram saat pertama kali mengaktifkan perangkat ini.

Menjadi bagian dari aplikasi bawaan, Anda tidak dapat melakukan uninstal untuk kedua aplikasi media sosial ini. Selain itu, usungan sistem operasi murni juga mampu menghadirkan pengalaman penggunaan yang tergolong mulus dan responsif.

Serupa varian lainnya, Asus ZenFone Max Pro M1 ini juga hadir dengan kamera belakang ganda bersusun vertikal. Namun kamera yang membekali ponsel ini hadir dengan dukungan sensor beresolusi lebih tinggi, yaitu 16 megapiksel dan 5MP, sedangkan varian lainnya mengusung kamera beresolusi 13MP dan 5MP.


Demikian juga dengan kamera depan yang diusungnya, berbekal sensor beresolusi 16MP, lebih tinggi dari varian sebelumnya, dengan sensor bereesolusi 8MP. ZenFone Max Pro M1 RAM 6GB ini juga didukung kemampuan serupa yaitu menghasilkan foto berefek bokeh.

Selain itu, ponsel cerdas ini mampu menyuguhkan hasil foto yang baik, dalam kondisi pencahayan cukup ataupun redup. Sayangnya, pada varian ini, kami menemukan fokus kamera sedikit mengalami kesulitan saat digunakan untuk memotret pada kondisi pencahayaan redup.

Hal ini mengharuskan Anda untuk menjaga ponsel tetap stabil dan tidak bergoyang hingga fokus terkunci sempurna. Namun setelah fokus terkunci, foto yang dihasilkan ponsel cerdas ini tidak mengecewakan. Selain itu, hasil foto perangkat varian ini juga tampil dengan warna, pencahayaan, dan detil yang lebih akurat, terutama pada pencahayaan cukup.

Untuk kamera depan, hasil baik disuguhkan oleh ZenFone Max Pro M1 RAM 6GB, dengan detil lebih baik jika dibandingkan dengan varian RAM 4GB. Selain itu, akurasi warna pada perangkat ini juga lebih baik jika dibandingkan dengan varian sebelumnya.

Noise pada foto kamera depan berkondisi pencahayaan redup masih tetap terlihat, meski tidak terlalu kentara. Menyoal video, ponsel cerdas ini mampu menghasilkan video dengan resolusi tertinggi 4K pada kamera belakang dan 1080p pada kamera depan.



Mengusung kapasitas RAM lebih besar yaitu 6GB, Asus ZenFone Max Pro M1 ini tentu mampu menyuguhkan pengalaman penggunaan lebih mulus dan tanpa lag, jika dibandingkan dengan perangkat varian sebelumnya.


Performa baik ini dapat Anda nikmati saat memainkan game Ashpalt 8: Airborne dan PUBG Mobile bahkan di pengaturan tertinggi. Proses loading kedua game juga tergolong cepat, serta hadir dengan tampilan grafis lebih tajam.

Performa tersebut juga berkat dukungan prosesor Qualcomm Snapdragon 636 1,8GHZ dan GPU Adreno 512, yang serupa dengan varian pendahulunya. Perangkat ini juga mampu menyuguhkan pengalaman penggunaan dengan suhu lebih terjaga saat digunakan di luar ruangan dan di bawah paparan sinar matahari langsung.

Sementara itu untuk urusan baterai, Asus Zenfone Max Pro M1 mampu menyuguhkan performa yang sangat baik pada pengujian daya tahan baterai. Sebab ponsel cerdas ini mampu bertahan selama 16 jam 9 menit saat diuji menggunakan aplikasi PCMark Work 2.0 Battery.

Sedangkan pada kondisi penggunaan normal, ponsel dengan dukungan baterai berkapasitas 5.000 mAh ini mampu bertahan sedikit lebih lama, yaitu sekitar 17 jam.

Mengusung desain serupa dengan varian perangkat sebelumnya, tidak banyak perubahan pengalaman penggunaan dan kesan terkait desain yang jauh berbeda. Namun, performa secara keseluruhan yang disuguhkan perangkat ini tetap baik, terutama berkat dukungan RAM dan ruang penyimpanan internal berkapasitas lebih besar.

Pengalaman penggunaan yang baik juga dihadirkan berkat dukungan baterai yang mampu bertahan dalam jangka waktu lama.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!