Elemensatu Kuvisik

Beberapa cara berdagang yang baik serta menguntungkan

MisterIK11
0

Bisnis hari ini - Apakah anda memerlukan beberapa pedoman untuk mengawali kiat usaha dagang anda? Terutama anda adalah seorang pedagang pemula. Apalagi dengan perkembangan zaman yang kita dapati sekarang ini, perdagangan kian meluas hingga mencapai perdagangan internasional.

Selain mengetahui tujuan perdaganagan internasional, kita juga harus tahu apa saja yang di butuhkan agar tetap bisa bersaing dengan usaha dagang yang kita miliki.

Karena tentunya akan banyak jenis-jenis usaha dagang yang lain dan juga organisasi perdaganagan dunia yang harus menjadi pedoman anda agar tidak menjadi salah satu yang ketinggalan hingga gulung tikar. Pastinya ini adalah hal yang sangat anda hindari bukan?

Berikut ini ada beberapa cara untuk melakukan dagang yang baik dan benar....

01 Menguasai Pasar

Kuasai pasar yang saat ini anda jalani. Maksudnya anda harus menguasai pasar yang menjadi target berdagang anda tersebut. Untuk dipercayai sebagai pemasok utama tentunya anda harus memiliki reputasi dan nama yang bagus terlebih dahulu. Ini memerlukan modal dan usaha yang cukup untuk membangun image tersebut. 

Misalnya saja produk dagangan anda adalah produk yang telah ramai di jual di pasaran atau barang yang memang menjadi incaran harian, maka selain menjaga kualitas anda juga harus menjaga kenyamanan para pembeli agar tetap betah membeli produk dari usaha dagang anda. Dan jika pasar usaha dagang sudah anda rajai dan kuasai maka anda hanya tinggal menjaga kepercayaan tersebut.

02 Mempelajari pesaing anda

Anda juga harus mengetahui kelemahan serta kekuatan para pesaing anda yang juga menjual dan memperdagangkan produk yang sama. Karena mengenal keinginan dan keluhan pembeli akan poduk daganagn adalah salah satu hal yang penting dalam cara berdagang yang baik dan menguntungkan ini.

Karena ciri khas pedagang dapat diketahui dari kelebihan maupun kekurangan yang mereka miliki tersebut. Dengan memahami ciri khas dari setiap pesaing nantinya akan mempermudah kita dalam mencari celah untuk lebih meningkatkan pelayanan kita dan mendapatkan banyak pelanggan yang bermutu melebihi yang mereka dapatkan.

03 Harus mengurangi sifat Bossy

Sifat pribadi yang akan merugikan anda dalam berdagang satu ini tentunya harus di kurangi atau sama sekali di hilangkan. Karena dalam berdagang sifat ingin selalu menjadi pemimpin akan membuat para pelanggan kesal dan jengkel. Karena siapa juga yang ingin membeli pada orang yang selalu ingin menguasai segala hal termasuk memimpin saat berdagang. 

Cobalah untuk menjadi yang “dipimpin” karena pembeli adalah raja dan dibalik tunduknya anda kepada para pembeli akan ada imbalan yang nantinya menunggu untuk anda miliki. Jadi jangan memelihara sikap bossy ketika berdagang.

04 Punya visi dan misi

Tips lain dari cara berdagang yang baik dan menguntungkan adalah dengan penentuan sebuah visi maupun misi dari usaha dagang anda Ini juga menjadi salah satu syarat mendirikan usaha dagang yang biasa di pakai sebagai acuan.

Menurut bisnis terkini, agar visi dan misi dari berdagang bisa anda dapatkan maka cobalah pertanyaan sederhana ini kepada diri anda sendiri “kenapa saya harus berdagang?” atau “apa gunanya saya berdagang?”.

Jika anda bisa menjawab pertanyaan tersebut maka tentunya anda mengetahui dengan jelas visi serta misi anda kedepannya. Pencapaian sebuah target adalah kegunaan dari visi maupun misi yang anda buat.

05 Inovasi dan kreatif

Anda harus selalu kreatif agar pelanggan tetap setia bersama dengan usaha dagang anda dan membeli produk anda bukan? Ini adalah sebuah daya tarik bagi daganagan anda agar selalu laris dan sukses di pasaran. Lakukanlah beberapa inovasi maupun kreasi yang tidak sama dengan para pesaing agar anda memiliki ciri khas tersendiri di mata pelanggan. 

Usaha anda akan mudah hancur oleh perkembangan zaman jika tidak mengalami perubahan yang pasti,lo. Jadi jangan monoton dan statis dalam sebuah usaha.

06 Bekerja keras

Tidak ada yang memungkiri bahwa sebuah kesuksesan tidak luput dari kerja keras pelaku usaha tersebut. Jika anda ingin daganagan anda menjadi laku dan menguntungkan anda harus lebih bekerja keras dan berusaha semaksimal mugkin. Karena belum pernah ada hasil yang mengkhianati sebuah usaha.

Inilah mengapa seorang pengusaha atau pedagang sukses tidak luput dari kisaran usaha yang pernah ia lakukan sebelumnya. Seperti cara jualan baju agar cepat laku anda harus tetap berinovasi agar nantinya dagangan anda laku dan menguntungkan.

07 Ramah menjual

Jika anda bertanya apa yang di sukai oleh pelanggan dan pembeli? Salah satunya adalah sikap ramah yang anda miliki. Sikap menjual dagangan yang baik akan selalu mendapat respon positif di pasaran. 

Bagaimana tidak, semua orang akan lebih memilih berlangganan dengan pedagang yang ramah dari pada sesorang yang tidak enak perilakunya dan tidak beretika.

08 Kesabaran

Sikap lainnya yang akan mengantarkan anda pada sebuah keuntungan dagang adalah sabar. Dimana anda harus benar-benar memahami dan mengerti beragam tingkah dan sifat konsumen yang akan di temui nantinya. 

09 Harga Bersahabat

Jangan mengambil keuntungan yang serba berlebihan. Ingat pembeli akan lebih selektif dalam pemilihan harga. Jika harga yang anda tawarkan sangat jauh berbeda dengan pesaing maka bukan tidak mungkin ini akan mempengaruhi keinginan mereka untuk membeli produk anda. 

Oleh karena itu, cobalah memberikan harga yang tidak terlalu tinggi dari para pesaing anda.

10 Hobi

Jangan menganggap dagang adalah sebuah keharusan, tapi cobalah membuat dagang menjadi sebuah hobi yang akan anda jalankan dengan senang hati. Dalam menjalankan sebuah hobi akan lebih menyenangkan daripada suatu kepaksaan.

Cobalah untuk lebih santai namun mematok target dengan sebuah misi. Anda bisa menjalaninya tanpa harus terlalu tertekan karena sesuatu yang terlalu berlebihan juga tidak akan menghasilkan hal baik seperti yang diharapkan.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!