Elemensatu Kuvisik

Waktu yang ideal untuk menggunakan gadget

MisterIK11
0

Berita Teknologi Terbaru - Pada era modern ini, kehadiran gadget di tengah masyarakat nampaknya memang bukan menjadi suatu hal yang asing lagi untuk disaksikan, terutama bagi para generasi muda. Namun, dengan adanya gadget yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan sehari-hari, hal ini membuat kita seringkali terlalu lama berinteraksi dengan gadget.

Dampaknya banyak pula dampak negatif yang bisa ditimbulkan. Lalu, berapa waktu yang sebenarnya paling idel untuk menggunakan gadget sih?

Pertanyaan ini coba dijawab oleh peneliti dari University of Oxford. Menurut mereka, orangtua tak perlu paranoid ketika tahu gadget bisa berdampak buruk bagi tumbuh kembang remaja atau menghancurkan kemampuan bersosialisasi mereka.
Menurut berita bisnis hari ini, faktanya, manfaat gadget masih bisa dirasakan jika dipergunakan dalam durasi tertentu saja. Peneliti memperoleh kesimpulan ini setelah menganalisis data screen time atau waktu rata-rata yang dihabiskan remaja dengan gadgetnya dan kaitannya dengan tingkat kesejahteraan mental mereka.

Untuk keperluan studi ini, data yang diamati peneliti berasal dari 120.115 responden berusia 15 tahun. Kegiatan yang diamati pada remaja di antaranya menonton TV, bermain komputer dan game konsol, menggunakan komputer untuk internet dan mengecek surel, serta memakai ponsel pintar untuk bermain media sosial.

Sebanyak 99,9 persen responden mengaku melakukan lebih dari satu aktivitas dan menggunakan lebih dari satu perangkat dalam kesehariannya, kendati smartphone dilaporkan sebagai gadget yang paling populer digunakan.

Dan seperti dugaan peneliti, mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk online di akhir pekan ketimbang di hari biasa. “Data juga memperlihatkan tingkat kesejahteraan remaja meningkat seiring dengan makin lamanya menggunakan gadget. Tapi hanya sampai poin tertentu saja,” ungkap peneliti.

Selebihnya, tingkat kesejahteraan responden akan menurun. Dari hasil hitung-hitungan peneliti, durasi ideal untuk melakukan aktivitas online adalah sepanjang 257 menit atau sekitar 4 jam 17 menit dalam sehari.

Dengan durasi itu, peneliti meyakini remaja tak hanya memiliki kemampuan yang mumpuni dalam hal teknologi, tetapi juga bisa bersosialisasi. Di atas 4 jam 17 menit, barulah gadget dianggap mampu mengganggu kinerja otak remaja.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!