Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips untuk membersihkan noda di karpet Vintage


Elemensatu - Karpet bisa digunakan untuk mempercantik interior rumah Anda. Terutama jika karpet yang Anda miliki berkualitas baik. Misalnya, karpet vintage.

Karpet vintage biasanya memiliki harga yang lebih mahal. Oleh karena itu Anda harus rajin membersihkannya agar tidak terlihat kusam.

Perawatan karpet vintage sesungguhnya tidak serumit yang dibayangkan. Namun bila perawatan kurang tepat, karpet vintage malah bisa rusak.

Berikut ini, beberapa cara tepat membersihkan noda di karpet vintage :

1. Pelajari Bahannya

Karpet vintage biasanya terbuat dari wol berkualitas tinggi. Itu sebabnya, dianjurkan karpet dicuci oleh tenaga profesional. Ada baiknya sebelum membeli karpet, Anda menanyakan kepada penjual bahan karpet dan kapan terakhir karpet tersebut dibersihkan.

2. Panggil Ahlinya

Harga karpet vintage biasanya mahal dan membutuhkan sabun atau sikat tertentu. Setelah itu, karpet biasanya akan dibersihkan secara berulang untuk memastikan tidak ada sisa sabun yang menempel.

Jika membersihkan karpet sendiri di rumah tanpa memperhatikan bahan dan sabun yang digunakan,  bisa membuat karpet vintage Anda rusak.

3. Bersihkan secara Menyeluruh

Jangan hanya membersihkan karpet di bagian atas saja. Anda juga harus membersihkan bagian bawahnya. Ulangi beberapa kali di sisi bawah dan atas agar karpet benar-benar bersih.
Anda bisa membersihkan karpet menggunakan vacum cleaner. Membersihkan karpet juga bisa dilakukan sebulan sekali atau bahkan dua kali.

4. Jangan Membiarkan Noda

Jika karpet Anda berbahan wol, sebenarnya tak perlu khawatir karena bahan tersebut memiliki lanolin, yakni minyak alami yang bisa mencegah noda menempel.

Namun, jika noda muncul di karpet Anda, sebaiknya segera dibersihkan. Jika nodanya bukan minyak, Anda bisa membersihkannya dengan handuk kertas dan sedikit air.  Jangan sekali-sekali menggosok atau menyikat karpet untuk membersihkan noda.

5. Hindari Steam dan Dry Clean


Jangan pernah lakukan steam maupun dry clean saat membersihkan karpet. Kedua teknik tersebut dapat merusak karpet. Bahan kimianya akan merusak wol pada karpet.

Salam Kopi Sidikalang

 

Salam Kopi Sidikalang

 

Salam Kopi Sidikalang