Elemensatu Kuvisik

Tips untuk mengembangkan Bisnis menggunakan Media Internet

MisterIK11
0

ElemensatuSaat ini internet menjadi suatu kebutuhan masyarakat. Sebab, dengan adanya internet, banyak sekali kemudahan yang bisa kita dapatkan. 

Hal ini dapat dibuktikan dari perkembangan jumlah pengguna internet yang terus mengalami pertumbuhan secara signifikan.
Perkembangan jumlah pengguna internet yang ada sekarang ini ternyata membuka kesempatan baru bagi para pelaku bisnis yaitu kesempatan memanfaatkan internet untuk tujuan bisnis. Seperti untuk kegiatan promosi, jual beli, komunikasi hingga big data.
Dan sebagai seorang entrepreneur kita harus tahu bagaimana caranya agar kita mampu memanfaatkan peluang tersebut.
01 Jaringan Iklan Google Ads
Zaman dahulu sebelum adanya internet, iklan masih popular di koran, televisi, baleho atau radio. Saat ini model iklan semacam ini sudah mulai berpindah ke jaringan iklan internet.
Bukan tanpa alasan, iklan dengan memanfaatkan internet ternyata dapat membuat biaya menjadi lebih murah dengan jangkauan yang dapat ditentukan.
Sebagai contoh Anda ingin membuat iklan dengan target wilayah tertentu, maka iklan Anda akan tampil pada wilayah tersebut saja. Hal ini tentu membuat target iklan menjadi tepat sasaran dan dengan biaya murah pula.
Google Ads merupakan platform pemasangan iklan yang paling canggih dan paling popular. Platform ini didesain sangat mudah digunakan sehingga siapapun bisa memasang iklan.
02 Bangun Blog/Web untuk tujuan bisnis
Blog merupakan media yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan bisnis. Kita dapat membangun blog dengan tema yang sama atau hampir sama dengan bidang market yang sedang kita tekuni.
Sebagai contoh bisnis Anda bergerak dibidang otomatif, maka blog yang dibuat dapat berupa artikel tentang automotif.
Jika Anda mau memperhatikan fakta yang ada sekarang ini, ternyata ada begitu banyak para pelaku bisnis yang mulai membangun blog mereka. Hal ini bukan tanpa tujuan, sebab dengan adanya blog, bisnis Anda menjadi lebih mudah untuk berkembang.
Akan tetapi tentu blog yang dibangun harus memiliki jumlah pembaca yang banyak setiap hari. Tujuannya agar proses marketing atau promosi Anda dapat berjalan lancar.
Membangun blog memang tidak semudah yang didengar, ada beberapa skill yang harus kita miliki agar blog mampu berkembang secara konsisten.
Lalu apa saja keuntungan memiliki blog?
  • Anda dapat mendapatkan trafik secara gratis dari mesin pencari
  • Tidak membutuhkan kantor yang besar.
  • Dapat dikerjakan dari mana saja
  • Target market dapat di tentukan sesuai dengan bahasa
  • Jika sudah berpengalaman, Anda menjadi lebih mudah menciptakan blog baru yang sama suksesnya.
03 Pemasaran melalui Sosial Media

Media sosial dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat untuk saling berhubungan antar satu dan yang lainnya. Siapa sih yang tak punya akun media sosial? Sebagian besar tentu memiliki akun media sosial bukan?
Nah selain untuk keperluan sosial sesuai dengan namanya, media sosial juga dapat digunakan untuk ajang promosi maupun branding bisnis. Anda bisa saja membuat fanspage dengan posting materi tentang bisnis Anda.
Ada begitu banyak media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk keperluan bisnis seperti Google plus, Facebook, Instagram dan lain sebagainya.
Agar lebih jelas, Anda bisa melihat contoh yang ada. Coba saja perhatikan bagaimana para pedagang online melakukan promosi menggunakan media sosial. Dengan cara seperti ini Anda akan mendapatkan gambaran yang jelas.
04 Pemasaran dengan teknik konten marketing
Konten bisa saja berupa Artikel ataupun video, tergantung dari target audien yang ingin diraih. Kita bisa membuat konten artikel tentang bisnis yang sedang dijalankan, lalu menerbitkan konten tersebut ke internet.
Platform yang digunakan untuk menyebarkan konten marketing pun sangat banyak. Misalkan dengan menerbitkan di blog, youtube, forum dan media sosial. Konten marketing merupakan cara memasarkan produk atau memperkenalkan produk.
Sebelum itu, Anda perlu belajar teknik membuat  konten yang menarik konsumen, karena hal ini sangat penting agar kegiatan promosi Anda dapat berjalan dengan baik dan efisien.
Belajar membuat konten marketing itu mudah, tidak terlalu sulit. Sebab saat ini informasi tentang tutorial konten marketing sudah bertebaran dimana mana. Tergantung dari pribadi masing masing mau belajar atau tidak.
05 Menggunakan email marketing
Email marketing merupakan teknik pemasaran yang lumayan kuno, akan tetapi sampai saat ini teknik pemasaran email marketing masih popular digunakan.
Pemasaran dengan memanfaatkan email marketing dapat dilakukan dengan cara mengirimkan email penawaran secara berkala. Tujuannya tentu agar konsumen Anda menjadi tertarik dengan bisnis  atau produk yang Anda tawarkan.
Email marketing membutuhkan pula teknik pengumpulan kontak. Biasanya dilakukan dengan cara subcriber.
Anda dapat membeli data atau membangun halaman subcriber Anda sendiri.
Anda tentu sering membaca blog lalu muncul popup subcriber bukan? Nah sebenarnya teknik tersebut bertujuan untuk pemasaran menggunakan email marketing.
06 Bekerjasama dengan portal media besar online
Media besar seperti portal berita, blog pribadi yang besar dapat dimanfaatkan untuk melakukan kegiatan promosi bisnis Anda. Blog yang besar atau portal media yang besar sudah pasti memiliki jumlah pengunjung yang sangat banyak.
Anda bisa memasang iklan pada portal tersebut. Namun, biaya yang dikeluarkan tentu sangat mahal. Tergantung dari kebijakan para pemilik portal tersebut.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!