Pasang Iklan Elemensatu

Mengenal aplikasi BBMe sang pengganti Blackberry Messenger

elemensatu
0

Elemensatu - BlackBerry Limited (BB) bakal meluncurkan BBM Enterprise (BBMe) sebagai pengganti BlackBerry Messenger yang ditutup pada 31 Mei 2019 mendatang. Lantas, apa itu BBMe?

Chief Marketing Officer BlackBerry, Mark Wilson dalam keterangan resmi yang dikutip CNBC Indonesia pada Jumat (19/4/2019), menjelaskan, BBMe adalah platform pengiriman pesan terenkrispsi end to end mutakhir untuk keperluan percakapan pribadi para pelanggan perusahaan.

BBMe menyediakan layanan percakapan pribadi, suara, video, dan group chat yang aman dan gratis selama 12 bulan. Saat ini, pengguna sudah bisa mengunduh BBMe dari Google Play Store di Android.

Selanjutnya, aplikasi ini akan segera hadir di Apple App Store. BBMe akan tersedia secara gratis untuk satu tahun pertama. Setelah itu, pengguna akan dikenakan biaya berlangganan selama 6 bulan sebesar USD $ 2,49 atau sekitar Rp 35.000.

Dari perspektif fitur, pengguna BBMe dapat melakukan percakapan grup, panggilan suara dan video, serta menyunting, menarik kembali, atau mengatur waktu kedaluwarsa suatu pesan.

"Mereka juga akan tahu kapan pesan diterima dan dibaca, dan memiliki kemampuan untuk berbagi file, catatan suara, dan lokasi mereka. BBMe untuk penggunaan individu dapat digunakan pada lima perangkat yang berbeda secara bersamaan," papar Mark Wilson.

Bahkan Mark Wilson mengklaim, BBMe adalah sebuah platform pengiriman pesan yang aman dan melindungi privasi pengguna. Dia menegaskan, BlackBerry tidak memonetisasi data sehingga layanan tidak akan meminta nomor telepon, menyarankan kontak ke pengguna, dan juga tidak melacak lokasi pengguna ataupun mengetahui konten yang dikirimkan kepada pengguna lainnya.

"Layanan ini hanya memerlukan alamat email untuk mendaftar, tidak seperti aplikasi lain," katanya.

Pengirim dan penerima masing-masing memiliki enkripsi publik/pribadi dan signing keys (kata kunci) yang unik. Kata kunci ini akan diproduksi oleh pustaka kriptografi bersertifikasi FIPS (Federal Information Processing Standard) 140-2 pada perangkat yang digunakan oleh pengguna dan kata kunci ini tidak dikontrol oleh BlackBerry.

Setiap pesan menggunakan kata kunci simetris yang baru untuk mengenkripsi pesan.

Selain itu, enkripsi TLS (Transport Layer Security) antara perangkat dan infrastruktur BlackBerry dapat melindungi pesan BBMe dari penyadapan atau manipulasi.

"Setelah melalui banyak pertimbangan, kami memutuskan bahwa pengguna setia BBM harus tetap memiliki platform pengiriman pesanan yang aman dan dapat dipercaya," pungkasnya.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!