Elemensatu Kuvisik

Beberapa manfaat keju untuk kesehatan

MisterIK11
0

Keju adalah sebuah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet.

Selain rasanya yang lezat, keju memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. WebMD menulis beberapa manfaat keju bagi kesehatan:

01 Gigi jadi kuat

Keju memang memiliki aroma khas bahkan ada yang berbau busuk. Tapi olahan susu ini bermanfaat untuk menguatkan gigi dan tulang berkat kandungan kalsiumnya.

02 Membantu tidur lebih nyenyak

Keju mengandung triptofan, asam amino yang membantu tubuh Anda rileks dan merasa mengantuk. Sehingga Anda dapat tidur lebih lelap.

03 Mengandung Probiotik

Keju gouda mengandung probiotik seperti bifidobacteria dan lactobacilli, bakteri baik yang biasanya hidup di usus. Bakteri ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.

04 Menyehatkan Jantung

Jangan ragu untuk memasukkan keju dalam menu harian. Beberapa penelitian menunjukkan makan sekitar 1,5 ons keju sehari menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Tapi jangan mengasupnya berlebihan dan sebaiknya pilih keju rendah lemak. Perhatikan dan hindari jenis keju yang mengandung banyak lemak jenuh.

05 Bau pada keju

Keju memiliki bau yang khas dan sebagian cenderung beraroma tidak menyenangkan. Namun bau tidak enak keju menunjukkan kualitas yang baik. Jika tidak menyukai aroma keju yang menusuk, tanyakan jenis keju yang beraroma lebih harum atau toko yang memiliki pendingin keju.

06 Jumlah asupan keju 

Sama seperti susu, asupan keju yang dianjurkan adalah tiga gelas setiap hari. Jadi, rencanakan makanan dan camilan Anda dengan memikirkan kebutuhan harian tersebut.

07 Keju yang perlu dihindari Wanita Hamil

Sebagian besar keju rendah lemak mungkin merupakan bagian yang baik dari diet calon ibu. Tapi tetap varietas keju keras. Keju lunak seperti feta, brie, dan keju biru tidak dipasteurisasi. Berarti jenis-jenis keju ini bisa tidak aman bagi wanita hamil.

08 Pengganti Sikat Gigi?

Mungkin terdengar aneh, bagaimana hubungan keju dengan menyikat gigi. Manfaat menyikat gigi adalah  selain membersihkan gigi juga membantu gigi lebih kuat. Tapi keju dipercaya juga menguatkan gigi.


Tapi, ternyata keju tidak dapat menggantikan manfaat menyikat gigi tapi kalsiumnya membantu gigi lebih kuat. Mengunyah keju membantu tubuh mengeluarkan lebih banyak air liur yang mencegah mulut menjadi asam penyebab gigi berlubang dan penyakit gusi. Keju juga memiliki kasein yang membantu mengganti enamel atau lapisan luar gigi.
 

 
 

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!