Pasang Iklan Elemensatu

Benarkah Asus Zenfone 6 Smartphone keren yang telat datang?

elemensatu
0

Persaingan smartphone yang menggunakan prosesor Snapdragon 855 saat ini semakin ketat. Untuk itu ASUS mencoba mendobraknya dengan merilis ZenFone 6, di mana smartphone ini diperuntukan bagi penggemar ASUS yang ingin merasakan kehebatan dari prosesor paling ngebut tersebut.

Jika sebelumya kru Dunia Games diberikan kesempatan untuk menjajal ASUS ZenFone 5 yang menggunakan Snapdragon 636, kini kembali diberikan kesempatan untuk merasakan kehebatan dari ZenFone 6. Seperti apa pengalaman menulis selama menggunakannya? Simak pembahasannya berikut ini.

01 Desain

Bentuk desain ASUS ZenFone 6 sangat berbeda dengan generasi sebelumnya ASUS ZenFone 5, hadir dengan penampilan premium full layar tanpa kehadiran tombol fisik dan kamera di bagian depan. Smartphone ini hadir dalam tiga pilihan warna yaitu, Twilight Silver, Midnight Black, dan Matte Black. Frame dari Aluminum, dipadu material kaca dibagian depan dan belakang, plus lengkungan di sisi cover belakang,

Ukuran layarnya sendiri mencapai 6,4 inci IPS dengan resolusi 2340 x 1080 pixel dan aspek rasio 19,5 : 9. Bisa dibilang, bagian depannya didominasi layar mencakup 92 persen dan memiliki kecerahan puncak 600 nits, serta mendukung DCI-P3 yang menawarkan color gamut lebih luas dibanding panel LCD dengan standar sRGB. Fitur ini mendukung kemampuan sensor camera yang sudah mendukung RAW format.

Asus Zenfone 6 sendiri memiliki desain kamera yang unik. Kamera belakang dapat berputar ke depan saat pengguna ingin selfie. Dengan kata lain, kamera depan dan belakangnya adalah unit yang sama. Asus mengklaim, mekanisme kamera putar ini bisa bertahan setelah 100.000 kali dibuka-tutup, kurang lebih sekitar 28 kali digunakan tiap hari selama lima tahun. Ada dua unit kamera yang tersemat di modul putar Zenfone 6, masing-masing beresolusi 48 (wide) megapiksel dan 13 megapiksel (ultra wide).

Hal unik lain yang ada pada Zenfone 6 ini adalah SIM Tray yang mendukung penggunaan dua SIM Card plus Micro SD hingga 2 TB. Hal ini amat sangat jarang ditemui di smartphone flagship. Jika saat ini merek lain tengah sibuk menggunakan pemindai sidik jari di dalam layar, maka Zenfone 6 masih setia dengan meletakan keamanan biometriknya tersebut di bagian belakang smartphone.


ZenFone 6 hadir dengan layar berukuran 6,4 inci berteknologi NanoEdge Display dan screen-to-body ratio hingga 92 persen. Desain tanpa notch membuat tampilan layar terlihat lebar. Layar tersebut juga dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 6 untuk proteksi maksimal.

02 Spek

Urusan dapur pacu, ZenFone 6 telah menggunakan prosesor Snapdragon 855 yang dipadukan GPU Adreno 640, piliham RAM 6 GB/8 GB dan tiga opsi memori internal 64GB/128 GB/256 GB. Sementara untuk mendukung mobilitas penggunanya, smartphone terbaru ini dipersenjatai baterai 5.000 mAh dengan pengisian daya cepat 18W.

Sebenarnya Snapdragon 855 sendiri memungkinkan pengguna memutar film beresolusi 8K, dan kemampuan downstream hingga 2 gbps dengan modem X24 LTE nya. Tapi sayang, poin terakhir ini belum di manfaatkan oleh Asus pada Zenfone 6. Namun Snapdragon 855 yang digunakan dalam ZenFone 6 mampu menghadirkan performa CPU 40 persen lebih tinggi dan performa rendering grafis 20 persen persen lebih baik dari generasi sebelumnya. Selain itu, kapasitas baterai smartphone ini yang besar membuat daya tahan baterai tahan lama.

03 Kamera

Tidak memiliki poni bukan berarti tidak ada kamera untuk selfie. Sebagai gantinya, ASUS memanfaatkan kamera di belakang agar bisa juga difungsikan sebagai kamera depan. Di mana ASUS menyebutnya dengan fitur kamera flip.

Fitur kamera flip pada Zenfone 6 ini hampir sama seperti fitur yang digunakan oleh Samsung Galaxy A80. Bedanya, ia tidak naik kemudian putar, tapi mekanismenya melipat. Jadi kamera belakang Zenfone 6 akan melipat dan muncul ke atas, sehingga kamera belakangnya menghadap ke depan menjadi kamera selfie.

Sensor kamera yang digunakan ZenFone 6 adalah Sony IMX 586 dengan sensor 1/2.0", 0.8 pixel size beresolusi 48MP yang sudah cukup umum digunakan di smartphone kelas mid-end sekalipun. Spesifikasi kamera yang dimiliki ZenFone 6 memang sudah banyak digunakan pada beberapa smartphone saat ini. Tapi karena memiliki fitur Flip Camera, kamera ZenFone 6 jadi salah satu Smartphone Selfie terbaik yang ada saat ini. Begitupun untuk kebutuhan Vlogging yang menuntut hadirnya OIS secara hardware. Sebagai informasi, Zenfone 6 juga menanamkan Gyro-EIS video stabilization untuk memperhalus hasil tangkapan video.

04 Fitur

Ada sedugang fitur yang dimiliki pada ZenFone 6, di antaranya seperti fitur Dual SIM + MicroSD slot yang mungkin sangat bermanfaat bagi pengguna. Media penyimpanan pada smartphone ini mendukung hingga kapasitas 2 TB, fitur yang jarang ditemui untuk smartphone kelas mid-end.
Sedangkan untuk penyimpanan internal, Zenfone 6 sudah menggunakan teknologi EFS 2.1 yang jauh lebih responsif dibanding eMMC 5, layaknya SSD di laptop, dengan pilihan kapasitas 128 GB.

Untuk spesifkasi modemnya sendiri, Asus Zenfone 6 ini dibekali modem 4G CAT 18 DL 5CA 4×4 MIMO dengan transfer rate hingga 1.2Gbps, yang masuk kategori flagship (Gigabit WiFi).
Tidak jauh dari posisi slot SIM-Tray, terdapat tombol Google Assistant untuk interaksi lebih cepat lewat voice command. Tombol ini juga bisa dikostumisasi untuk membuka beberapa aplikasi lain. Fitur NFC mungkin bukan suatu fitur yang baru, tapi ZenFone 6 juga memiliki fitur ini yang mendukung era penggunaan uang digital.

ZenFone 6 memiliki kapasitas baterai sebesar 5000 mAh yang membuatnya sangat unggul dibandingkan beberapa smartphone yang menggunakan Snapdragon 855 saat ini. Dengan kapasitas baterai yang besar, ZenFone 6 dapat memberikan pengalaman penggunaan smartphone yang lebih lama. Ketika pengujian, baterai ZenFone 6 mampu bertahan hingga 24 jam ketika sedang menyetel video atau browsing web. Untuk pengisian daya, ZenFone 6 memiliki fitur Fast Charging yang mampu mengisi daya 5000 mAh terasa lebih cepat. Dengan menggunakan charge bawaan berdaya 18 Watt, ZenFone 6 dapat terisi penuh hanya dengan kurang dari 2 jam.

05 Gaming

Meski bukan ditujukan untuk gamer hardcore, tetapi setidaknya ZenFone 6 tetap mampu melahap beberapa game mobile terbaru yang lagi ngetren. Menggunakan prosesor Snapdragon 855, RAM 6GB dan memori internal sebesar 128GB membuat smartphone ini terlihat sangat sempurna. Untuk keperluan lain seperti fotografi juga membuat ZenFone 6 tidak kalah dengan smartphone flagship dari merek lain.

Dengan harga di kisaran Rp6.999.000, ZenFone 6 dengan memori 6/128GB bisa menjadi salah satu smartphone yang direkomendasikan di kelasnya, mengingat desainnya yang juga sudah modern dan kamera yang sangat keren untuk mengambil segala objek di berbagai situasi. Buat keseharian oke, buat foto oke, buat main game juga oke!

Sumber gambar utama: DuniaGames
FANPAGE FACEBOOK: Duniagames
INSTAGRAM: @duniagames.co.id
LINE@: @duniagames
YOUTUBE: Dunia Games

Apps DG: tsel.me/dgapps

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!