10 Aplikasi Podcast Terbaik 2019..Cekidot Gan!

elemensatu
0

Belakangan nama podcast menjadi cukup populer di kalangan anak muda, terutama dalam konteks konten online. Wajar bila saat ini banyak bermunculan aplikasi podcast yang tersedia di Play Store maupun Apps Store. Menariknya, aplikasi-aplikasi tersebut dapat di download gratis.

Sebenarnya apa itu podcast dan aplikasi podcast apa saja yang bisa digunakan untuk mendengarkan konten yang berkualitas? Podcast adalah konten dengan format audio yang terdiri dari serial yang berepisod di mana pendengar bisa mengunduh kemudian mendengarkannya atau mendengarkan langsung melalui hp atau gadget lainnya.

Sederhananya podcast menggabungkan antara blog dengan format audio di mana pembuat podcast bisa membuat berbagai macam konten seperti misalnya episode-episode cerita horor, tutorial, audio book, ulasan-ulasan produk maupun film, dan berbagai macam jenis konten lainnya termasuk konten edukasi.

Dengan demikian orang bisa mendapatkan informasi dari konten podcast seperti layaknya ketika sedang mendengarkan musik, Anda tidak harus menatap layar perangkat selama podcast dimainkan dan umumnya episode podcast juga tidak diselingi dengan iklan.

Siapa yang bisa membuat podcast? Siapa saja bisa membuat podcast, sama halnya siapa saja bisa membuat konten blog baik individu maupun ingin merepresentasikan brand ke format marketing yang lain. Secara umum ada tiga jenis podcast yang populer saat ini, yaitu:

1. Wawancara 
Dalam setiap episode, host akan mewawancara narasumber yang berbeda. Yang dibahas bisa macam-macam tergantung dengan niche dari podcast Anda. Buat wawancara yang mengalir bebas seperti ketika Anda ngobrol dengan orang agar audiens Anda bisa menikmati isi episode sambil santai.

2. Solo
Jenis podcast ini paling banyak dipilih terutama untuk yang masih pemula di mana isi podcast adalah berupa monolog yang hanya dipandu dan diisi oleh Anda sendiri. Contoh podcaster Indonesia yang menggunakan format monolog adalah kanal Level Up With Benakribo oleh Benakribo.
Dimana Bena yang merupakan seorang creative content creator berbagi pengalamannya dalam dunia pembuatan konten yang setiap episodenya membahas topik yang berbeda seputar tips, pengalaman, cerita pengalaman hidup, tanya jawab, dan lainnya.

3. Multi-host 

Jika Anda ingin membuat podcast yang lebih ramai maka jenis ini bisa dipilih karena ada lebih dari 2 orang host untuk membawakan episode. Biasanya jenis podcast ini memiliki konten diskusi di mana setiap host punya opininya sendiri, bisa juga saling berbagi cerita, pengalaman, trik, dan lainnya dengan konten yang lebih dinamis.

10 Aplikasi Podcast Terbaik 2019

1. Anchor

Aplikasi podcast gratis yang bisa kamu gunakan salah satunya adalah Achor. Aplikasi ini memiliki cukup banyak fitur yang bisa membantu kamu. Salah satunya adalah fitur editing, kamu bisa mengedit rekaman suara kamu dengan aplikasi ini. Setelah kamu edit rekamannya bisa langsung kamu share pada platform google podcast maupun apple podcast.

2. CastBox

Aplikasi Castbox adalah aplikasi untuk mendengarkan podcast yang telah didownload lebih dari 10 juta install. Aplikasi ini juga mendapatkan beberapa penghargaan ‘Most Entertaining App’ dan ‘Top Trending Apps’ dari Google Play. Dalam aplikasi ini kamu bisa mendengarkan secara online maupun offline lebih dari 95 juta podcast. Namun ada beberapa pengguna yang merasa kecewa setelah memperbarui aplikasi ini menurut mereka aplikasi ini menjadi tidak responsif dan juga menguras baterai hp.

3. Google Podcast

Google podcast merupakan aplikasi untuk mendengarkan podcast dari hp android. Aplikasi podcast ini pun bisa kamu dapatkan secara gratis di Google Play. Karena ini merupakan aplikasi dari google pastinya aplikasi ini bersinergi dengan Google Assistant jadi kamu bisa dengan mudah mendengarkan podcast melalui berbagai macam device.

4. Pocket Casts

Pocket Casts merupakan aplikasi untuk mendengarkan podcast. Aplikasi ini memiliki pilihan tema yang bisa kamu pilih sesuai kenyamanan. Terdapat pilihan dark mode maupun light mode, bahkan jika kamu penggemar layar OLED terdapat tema extra dark. Aplikasi podcast ini pun terdapat sleep timer yang bisa kamu gunakan agar tidak menggangu waktu tidur kamu.

5. Podbean

Aplikasi podbean selain untuk mendengarkan podcast aplikasi ini juga memiliki fitur sebagai studio podcast. Pada aplikasi ini kamu bisa merekan podcast dengan beragam fitur di dalamnya seperti background musik, efek suara, bahkan kamu bisa memotong maupun menggabungkan rekaman suara kamu.

6. Podcast Addict

Podcast Addict memungkinkan kamu untuk mendengarkan podcast. Selain itu kamu bisa juga mengakses ribuan audiobook, radio, live stream, youtube, maupun soundcloud dalam satu aplikasi.

7. Podcast Go

Podcast Go juga merupakan aplikasi untuk mendengarkan podcast di android. Aplikasi ini mrmiliki fitur download yang memungkinkan kamu untuk mendengarkan podcast secara offline. Terdapat beragam katergori podcast seperti komedi, musik, bertia, permainan, pendidikan, dan lainnya.

8. Spotify

Spotify adalah aplikasi streaming musik yang sedang banyak digunakan. Spotify menyentuh lebih dari 500,000,000 instal. Aplikasi ini bisa digunakan dengan berbagai device seperti smartphone, tablet maupun komputer atau laptop. Pada aplikasi ini kamu bisa streaming musik terbaru hingga mendengarkan podcast favorit. Aplikasi ini tersedia pilihan premium atau berbayar untuk mendengarkan musik dan podcast tanpa iklan dengan suara yang lebih baik.

9. Soundcloud

Aplikasi soundcloud adalah salah satu aplikasi berbagi musik dan audio. Pada aplikasi ini pun terdapat pula podcast untuk didengarkan dari banyaknya akun yang ada di Soundcloud. Kamu juga bsia dengan muda merekan audio untuk langsung kamu share di aplikasi ini.

10. Apple Podcast

Apple podcast tentunya aplikasi ini untuk pengguna hp apple. Aplikasi podcast ini juga cukup terkenal karena terdapat banyak podcast favorit yang terdapat di apple podcast ini.

Sumber : PRICEBOOK
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!