Elemensatu Kuvisik

Bisnis Online yang berpeluang menjadi tren di tahun 2020

MisterIK11
0

Bisnis online memang menjadi fenomena belakangan ini. Semakin hari semakin menjamur dan berkembang.

Setiap tahun memang ada saja yang menjadi sebuah tren dalam bisnis online. Yang awalnya dianggap hal biasa, menjadi tren dan menghasilkan pundi-pundi uang. Jika dulu, awal adanya tren bisnis online banyak sekali pelaku bisnis yang lebih membidik pasar luar negeri karena dianggap lebih menjanjikan.

Namun, ternyata dari tahun ke tahun, Indonesia sendiri juga memiliki pertumbuhan yang juga tak kalah pesat dari pasar luar negeri. Oleh karena itulah, saat ini banyak pelaku bisnis yang memilih untuk mengembangkan pasar lokal karena tak kalah menguntungkan dari pasar luar negeri.

Apa yang akan menjadi tren bisnis di 2020 mulai diperbincangkan. Banyak sekali hal-hal menarik yang dirasa akan menjadi sebuah tren di 2020 mendatang.


Berikut adalah beberapa bisnis online yang dapat menjadi sebuah tren di tahun 2020:

01 Jasa Desain Grafis

Desain grafis adalah salah satu bisnis yang menjanjikan. Dari tahun ke tahun, jasa desain grafis semakin dibutuhkan. Khususnya untuk sesama pelaku bisnis online ataupun bisnis kreatif lainnya, penyedia desain grafis memang memiliki peran yang krusial.

Dengan adanya jasa desain grafis, konten visual yang diunggah di laman internet akan semakin berkualitas, baik itu gambar maupun video.

Oleh karena itu, memiliki skill dalam desain grafis akan menguntungkan di tahun-tahun ke depannya. Demikian pula di tahun 2020, jasa desain grafis akan semakin dibutuhkan mengingat semakin menjamurnya industri kreatif saat ini.

02 Jasa Konten Writer

Kebutuhan jasa penulisan artikel (content writer) tiap tahun memang semakin besar dari tahun ke tahun. Jika beberapa tahun lalu, mungkin content writer tidak begitu memiliki peran yang menonjol karena seluruh berita dan informasi masih diakses melalui media cetak dan televisi.

Lain halnya saat ini, banyaknya portal berita di internet menyebabkan kebutuhan content writer semakin meningkat dengan pesat. Banyak website atau blog yang membutuhkan content writer untuk menghasilkan tulisan yang layak posting agar website tetap eksis.

03 Youtuber

Di era teknologi yang semakin pesat dan canggih ini, bukan hal aneh menjadi seorang Youtuber. Bahkan saat ini, Youtuber dianggap sebagai salah satu profesi. Menjadi Youtuber juga tidak mengharuskan adanya persyaratan khusus seperti profesi lainnya. Siapapun bisa menjadi Youtuber.

Menjadi seorang Youtuber hanya memerlukan kepercayaan diri yang dominan serta piranti yang mendukung untuk keperluan rekaman. Saat ini, menjadi Youtuber bukan rahasia jika memiliki penghasilan yang tak sedikit, bahkan dapat melebihi karyawan kompani. Dengan mendaftarkan kanal Youtube di program Ads.

Kontennya pun sangat beragam. Dari yang bersifat serius, pendidikan, tutorial, komedi, hingga yang musik. Seperti kanal Ponny Makeup yang memilih untuk fokus dalam dunia beauty. Atau PewDiePie yang memilih dunia gaming sebagai fokus konten videonya.

Demikian pula di tahun 2020, Youtuber akan semakin menjamur. Dan siapapun bisa menjadi Youtuber.

04 Online Shop

Tak perlu menunggu 2020 untuk melihat perkembangan online shop. Saat inipun, online shop telah menjamur baik di Indonesia maupun di negara-negara lain.

Di Indonesia sendiri, menjamurnya online shop telah terjadi beberapa tahun ini. Baik yang melalui website mandiri ataupun dengan cara bergabung di marketplace.

Semakin hari, internet juga semakin canggih, demikian pula dengan pelaku online shop yang semakin bertambah. Namun, tak perlu khawatir. Karena inilah diperlukan jiwa kreatif agar online shop tetap eksis dalam keadaan apapun.

05 Les dan Kursus Online

Jika dulu, les akan dilakukan dengan cara bertatap muka antara tutor dan murid. Namun seiring perkembangan jaman, hal tersebut mulai tergeser dengan adanya les online. Saat ini, banyak sekali program les online, yaitu antara tutor dan murid tak perlu bertatap muka secara langsung.

Menggunakan aplikasi ponsel sebagai media belajar. Murid hanya perlu menyimak penjelasan tutor yang disertai dengan animasi-animasi menarik.

Sama seperti les online, saat ini juga marak sekali adanya kursus online. Bidang yang ditawarkan juga sangat beragam, mulai dari kursus editing video, fotografi, dan lain sebagainya. Menariknya, dengan mengikuti kursus online biasanya juga tetap diadakan evaluasi guna mengetahui perkembangan dari kemampuan sebelumnya.

Dari tahun ke tahun, apapun akan mengalami perkembangan yang lebih komplit dan canggih, salah satunya teknologi. Semakin canggih teknologi, maka peluang dalam melakukan bisnis juga terbuka lebar. 

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!