Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Parasit jenis baru yang bernama Twitter

Parasit jenis baru Twitter

Para peneliti baru-baru ini menemukan jenis baru parasit jamur yang mengisap nutrisi dari organ reproduksi yang ada di hewan kaki seribu. Para peneliti tersebut menamakan parasit jenis baru tersebut dengan nama Twitter.

Nama lengkap dari parasit jenis baru tersebut adalah Tryglomyces twitteri. Parasit ini ketika dilihat dari mikroskop, memiliki bentuk seperti larva dengan panjang 100 micrometer, yang jika dibandingkan sekitar sepanjang rambut manusia.

Dilansir dari Live Science, parasit tersebut memiliki siklus hidup yang berada di sekitar alat kelamin pada kaki seribu betina ataupun jantan. Mengapa dinamakan Twitter, itu karena para peneliti bermaksud untuk memberi penghormatan kepada bagaimana parasit tersebut ditemukan.

Menurut salah satu penulis studi, Ana Sofia Reboleira, ahli entomologi di Natural History Museum of Denmark di University of Copenhagen, parasit tersebut pertama kali menarik perhatiannya ketika ia melihat salah seorang temannya membagikan foto dari kaki seribu Amerika Utara di Twitter.

Dalam foto tersebut, ia melihat ada dua titik putih aneh yang berada di eksoskeleton kaki seribu tersebut. Reboleira pun akhirnya memastikan bahwa dua titik putih aneh tersebut adalah parasit.

Setelah memeriksa beberapa spesimen kaki seribu Amerika di koleksi museum, Reboleira dan rekan-rekannya menemukan lebih banyak contoh jamur baru, yang belum pernah dilihat atau dijelaskan oleh siapa pun.

“Pada saat itu, jamur ini belum pernah ditemukan di kaki seribu Amerika. Sejauh yang kami tahu, spesies ini baru ditemukan melalui foto di Twitter saja," kata Reboleira dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Live Science.

T. twitteri termasuk dalam ordo yang hidup di dalam tubuh serangga, yaitu Laboulbeniales. Dan spesien ini merupakan satu dari sekitar 30 spesies yang secara eksklusif menyerang kaki seribu. Perkawinan antara kaki seribu dapat membuat parasit ini berpindah dari satu inang ke inang lainnya dan menyebarkan spora mereka.