Elemensatu Kuvisik

Sejarah Tetris. Yuk Simak Gan!

MisterIK11
0
Sejarah Tetris

Untuk artikel terbaru kali ini kami akan membahas sebuah permainan yang sudah tidak perlu dijelasin lagi bagaimana cara bermain dan hampir semua orang pasti pernah memainkan permainan virtual yang meminta pemainnya menyusun balok-balok geometris ini.

Permainan ini diciptakan 36 tahun yang lalu, tepatnya pada 6 Juni 1984. Namun, permainan populer ini awalnya tidak dirancang sebagai sebuah video game.

Tetris diciptakan sebagai alat untuk mengukur performa komputer.

Menurut berita hiburan terpopuler 2020 elemensatu, permainan Tetris ini berawal dari Alexey Pajitnov.

Ia merupakan seorang insinyur perangkat lunak di Akademi Ilmu Pengetahuan Soviet, Moskow. Tugasnya yakni menguji komputer jenis baru, Electronika 60.

Untuk melakukannya, ia menciptakan permainan sederhana berdasarkan permainan puzzle yang pernah ia mainkan semasa kanak-kanak.

Permainan sederhana ini akan membantu menilai seberapa kuat komputer itu dan memberikan sedikit hiburan saat melakukan pengujian.

Pajitnov tidak menyangka bahwa permainan ini justru menjadi salah satu video game terbaik dan paling digandrungi sepanjang masa.

"Saya tidak bisa menahan diri untuk tidak memainkan versi prototipe ini, karena sangat adiktif untuk menyatukan balok-baloknya," kata Pajitnov.

Meskipun Tetris langsung populer di kalangan programmer, namun aksesnya terbatas hanya pada mesin Electronika 60.

Mesin ini tidak memiliki kemampuan grafis dan kapasitas memorinya sangat terbatas, bahkan lebih kecil daripada kalkulator modern.

Kepopuleran Tetris menyebabkan Pajitnov mendapat permintaan untuk membuat Tetris tersedia dalam versi IBM PC yang memiliki kemampuan grafis lebih baik.

Ia kemudian menugaskan pekerjaan itu kepada Vadim Gerasimov, seorang siswa berusia 16 tahun yang sedang magang musim panas di kantornya.

Tetris kemudian menyebar dengan cepat.

"Itu seperti kebakaran hutan. Semua orang di Uni Soviet yang memiliki PC memainkan Tetris," kata Pajitnov.

Walaupun populer, Pajitnov tidak menghasilkan uang dari permainan ini, dia juga tidak berniat demikian.

Di Soviet, ide-ide dimiliki oleh negara dan konsep menjual perangkat lunak sebagai produk tidak dikenal oleh sebagian besar masyarakat termasuk Pajitnov.

Tetris dikenal dari perbincangan orang-orang, mereka kemudian membagikan Tetris dengan menyalinnya ke disket.

Tetris dirilis sebagai judul PC komersial di Inggris dan AS pada 1988. Permainan ini didesain dengan ciri khas Soviet melalui ilustrasi kemasan bertema Kremlin dan aksara Cyrillic.

Sebelum resmi dirilis di luar Soviet, sempat terjadi permasalahan hak pemasaran antara Pajitnov dengan Robert Stein. Stein adalah seorang salesman dari perusahaan software Hungaria bernama Andromeda.

Walaupun akhirnya permasalahan selesai dengan baik, namun kesalahpahaman antara Pajitnov dan Stein menunjukkan betapa sulitnya untuk mengekspor video game dari Soviet Rusia ke Barat untuk pertama kalinya.

Masalah ini bahkan menyebabkan bertahun-tahun ketidakpastian dan pertempuran di meja hukum, serta dikabarkan menarik perhatian dari pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev.

Tetris terjual laris manis di kalangan pengguna komputer, tetapi uang besar di sektor game dibuat di tempat lain: konsol.

Henk Rogers, seorang pengembang video game Belanda dan pengusaha yang tinggal di Jepang, adalah orang pertama yang menyadari bahwa Tetris adalah pasangan yang sempurna untuk Game Boy, sebuah konsol genggam yang dirilis oleh Nintendo di Jepang pada awal 1989.

Permasalahan lisensi dan hak pemasaran kembali muncul saat Rogers ingin memboyong Tetris ke konsol Nintendo. Untunglah permasalahan ini juga bisa selesai dengan baik dan Tetris bisa dimainkan di Nintendo Game Boy.

Meskipun Tetris sukses besar, Pajitnov masih belum menghasilkan uang darinya.

"Ada banyak masalah hukum, dan ketika pertanyaan tentang kepemilikan dan sumber asli permainan muncul, saya memutuskan bahwa saya ingin semuanya berjalan lancar dan saya memberikan hak kepada Pusat Komputer dari Akademi Ilmu Pengetahuan Soviet untuk 10 tahun," katanya.

Pajitnov meninggalkan Moskow ke Seattle pada 1991, dengan bantuan Henk Rogers. Ketika kesepakatannya terkait lisensi Tetris pada 1995, dia akhirnya mulai menerima royalti untuk permainan ini.

Melansir Britannica, Pajitnov mengklaim bahwa ia menciptakan nama Tetris dengan menggabungkan prefix tetra dari bahasa Yunani, yang mengacu pada empat kotak yang terkandung di setiap blok, dengan kata tenis.

Meskipun Tetris memiliki banyak sekuel yang telah dihasilkan, namun game Tetris hampir selalu memiliki mekanisme bermain yang sama.

Blok yang berbeda bentuknya jatuh dengan kecepatan yang berbeda-beda, dan, ketika blok menurun, pemain harus memutar dan mengaturnya untuk membuat baris horizontal di layar.

Saat pemain membentuk satu atau lebih baris, baris yang selesai menghilang. Tujuan permainan ini adalah untuk mencegah balok menumpuk hingga ke atas layar selama mungkin.

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!