Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Uji Coba Tahap Akhir Vaksin Covid-19 dari AstraZeneca

Uji Coba Tahap Akhir Vaksin Covid-19 dari AstraZeneca

Perusahaan farmasi AstraZeneca pada Senin mengatakan, pihaknya mulai mendaftarkan orang dewasa dalam uji coba calon vaksin Covid-19 tahap akhir yang didanai oleh Amerika Serikat. Sebanyak 30 ribu partisipan terlibat. 

Partisipan nantinya akan menerima dua dosis vaksin eksperimental AZD1222 dengan jarak empat pekan atau plasebo, menurut perusahaan. Uji coba akan dilakukan di bawah program Operation Warp Speed pemerintah AS, yang bertujuan mempercepat pengembangan, produksi serta distribusi vaksin dan obat Covid-19. 

Menurut artikel terbaru, Presiden AS Donald Trump mengatakan vaksin Covid-19 dapat tersedia sebelum pemilu presiden 3 November mendatang, jauh lebih cepat dari yang diprediksi oleh para pakar. AstraZeneca, yang mengembangkan vaksin buatannya bersama peneliti Oxford University dan Pfizer Inc yang bermitra dengan BioNTech SE menyatakan bahwa mereka dapat memperoleh data pada Oktober guna mendukung otorisasi penggunaan darurat atau persetujuan AS atas vaksin mereka masing-masing. 

AZD1222 telah dilakukan uji klinis tahap akhir di Berlin, Brasil, dan Afrika Selatan, dengan rencana uji klinis susulan di Jepang dan Rusia. Uji coba, bersama dengan riset Tahap III AS, bertujuan merekrut hingga 50 ribu partisipan secara global. 

Uji klinis tersebut akan mengevaluasi apakah vaksin itu mampu mencegah infeksi Covid-19 atau mencegah penyakit menjadi parah, demikian Institut Kesehatan Nasional melalui pernyataan. Pengujian itu juga akan melihat apakah vaksin tersebut mampu mengurangi insiden kunjungan gawat darurat akibat Covid-19.