Elemensatu Kuvisik

Inilah manfaat Wortel untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janin

MisterIK11
0
Manfaat Wortel untuk kesehatan Ibu Hamil

Wortel menjadi salah satu jenis sayuran yang disukai hampir semua orang. Selain murah dan mudah didapat, wortel juga mengandung banyak nutrisi termasuk bagi ibu hamil. Apa saja ya manfaat wortel?

Dari lansiran HaiBunda, wortel memiliki beberapa nutrisi penting seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, kalsium, natrium, fosfor, kalium dan magnesium. Dan wortel juga mengandung sejumlah karbohidrat, protein, serat, mangan, selenium dan zinc.

1. Menjaga kesehatan mata

Menjadi salah satu asupan alami yang kaya akan vitamin A, wortel sangat baik untuk kesehatan mata selama kehamilan. Bahkan tidak hanya merawat mata Bunda, konsumsi wortel juga bermanfaat untuk perkembangan mata janin, lho.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Wortel mengandung vitamin C tinggi, yang sangat bermanfaat dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh bunda hamil. Seperti diketahui, imunitas mudah drop selama kehamilan. Jadi, mengonsumsi wortel secara teratur dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh Bunda.

3. Mengoptimalkan perkembangan janin

Konsumsi wortel sangat efektif untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, karena wortel mengandung banyak kalsium dan vitamin A karoten yang penting untuk pembentukan tulang dan gigi janin.

4. Mencegah anemia

Mengonsumsi wortel dalam diet harian dapat membantu mencegah anemia pada kehamilan. Tidak hanya kaya akan zat besi, wortel juga mengandung vitamin C yang membantu penyerapan zat besi oleh tubuh.

5. Membantu meredakan sembelit

Sembelit adalah salah satu masalah yang paling umum dihadapi oleh bunda hamil. Nah, jika Bunda sedang mengalaminya, jangan lupa untuk mengonsumsi wortel, ya.

Wortel memiliki kandungan serat, yang dapat membantu mengatasi masalah sembelit. Selain itu, manfaat wortel juga membantu mencegah masalah pencernaan lainnya.

6. Mencegah kram selama kehamilan

Banyak wanita yang mengalami kram dan kekakuan otot selama kehamilan. Meskipun ini adalah masalah kehamilan yang sangat umum, namun tetap bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. 

Wortel mengandung fosfor di dalamnya, yang membantu mengoptimalkan fungsi otot selama kehamilan dan mencegah segala jenis kram.

7. Mengatasi hipertensi gestasional

Bunda hamil juga rentan mengalami hipertensi gestasional, yang dapat menyebabkan berbagai komplikasi lain dalam kehamilan. Konsumsi wortel diketahui dapat mengurangi risiko hipertensi gestasional, karena memiliki kandungan serat dan beta karoten yang baik.

8. Membantu pembentukan tulang janin

Wortel mengandung mangan, yang merupakan mineral penting dalam proses pembentukan tulang dan tulang rawan janin.

Sayuran berwarna oranye ini juga mengandung kalsium, yang baik untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi Bunda. Jadi, jangan lupa rutin konsumsi wortel selama kehamilan, ya. 

9. Mengoptimalkan perkembangan saraf janin

Kandungan vitamin B dan asam folat dalam wortel bermanfaat untuk perkembangan sistem saraf dan otak janin. Manfaat wortel lainnya bagi saraf janin yakni mengurangi risiko cacat lahir seperti spina bifida.

10. Baik untuk kesehatan kulit

Pada saat hamil wanita rentan mengalami masalah kulit. Konsumsi wortel yang kaya nutrisi dan antioksidan alami pun disarankan untuk menjaga kulit calon bunda dan si Kecil tetap sehat.

Sumber : MSN

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!