Elemensatu Kuvisik

Rekomendasi Tema Podcast yang terpopuler

MisterIK11
0
Tema Podcast Terpopuler

Dilansir dari artikel Rumahweb yang merupakan salah satu platform situs hosting terbaik di Indonesia, disini kami mencoba memberikan artikel terbaik buat para Podcaster yang ingin mengubah cara atau tema khusus supaya para pendengar ataupun viewer tidak merasa bosan dan terus menerus mengikuti akun Podcast.

Ada berbagai hal yang harus dipersiapkan sebelum membuat podcast. Selain mempersiapkan peralatan teknis, Anda juga harus memilih tema podcast serta topik pembahasan yang menarik dan sesuai dengan keahlian Anda. Ada banyak tema podcast yang dapat dipilih, seperti musik, bisnis, atau politik. Namun, selain harus sesuai dengan minat, tema podcast yang dipilih sebaiknya adalah tema yang saat ini tengah diminati oleh orang banyak.

10 Rekomendasi Tema Podcast yang Populer

01 Cerita

Tema podcast stories yang berisi cerita sehari-hari seseorang kini menjadi salah satu tema podcast yang paling banyak diminati. Pada tema podcast ini, Anda dapat menceritakan pengalaman hidup yang menyeramkan sedih, bahagia, dan sebagainya. Tidak hanya cerita yang bernada inspiratif, Anda juga dapat menceritakan keluh kesah atau hal yang sedang dicemaskan. Semua cerita itu dapat dikemas dalam bentuk puisi, storytelling, atau format lainnya yang paling sesuai atau Anda kuasai. Beberapa channel podcast yang mengusung tema podcast stories di antaranya Menjadi Manusia, Teman Tidur, dan Rapot.

02 Komedi

Setelah menghadapi padat dan penatnya keseharian, sebagian orang akan memilih platform podcast sebagai sarana menghibur diri. Oleh karena itu, tema podcast yang tidak akan pernah sepi penikmat adalah tema komedi. Dalam tema podcast komedi ini, Anda dapat mengeksplorasi berbagai topik pembahasan yang seru, menarik, dan tentunya menghibur. Anda juga dapat menggabungkan tema podcast ini dengan tema podcast lain, seperti stories.

03 Gaya Hidup dan Kesehatan

Tidak hanya sebagai media hiburan, podcast juga dapat dipakai sebagai sarana untuk menambah pengetahuan baru para pendengar. Biasanya, tema podcast gaya hidup dan kesehatan ini dipilih oleh pendengar yang ingin menambah pengetahuan mereka. Anda tidak perlu khawatir kehabisan ide unik dan menarik ketika memilih tema podcast gaya hidup dan kesehatan. Ada berbagai topik pembahasan yang dapat dikulik dari tema podcast ini. Mulai dari kecantikan, pola makan, kesehatan fisik dan mental, hingga kajian-kajian agama. Ada berbagai contoh channel podcast yang berhasil mengusung tema podcast ini di Indonesia, seperti Thirty Days of Lunch, Psikologid, dan Felix Siauw.

04 Horor

Sebagian besar orang Indonesia biasanya tertarik dengan konten yang berbau klenik alias horor. Salah satu alasannya, karena konten horor dapat merangsang rasa takut yang kana memicu detak jantuk menjadi lebih tinggi dan membuat tubuh seakan perlu mengeluarkan energi yang sama seperti setelah olahraga. Berkaca dari hal tersebut, tema podcast horor dapat menjadi salah satu opsi yang menjanjikan untuk dicoba. Tidak hanya terbatas pada cerita berbau mistis, Anda juga dapat membahas mengenai peristiwa kriminal hingga teori konspirasi. Ada beberapa channel podcast asal Indonesia yang sukses membawakan tema podcast horor, misalnya Do You See What I See, Nessie Judge, serta Podcastery Jurnalisa.

05 Berita dan Politik

Politik merupakan salah satu topik pembahasan yang biasanya dinilai berat dan susah dipahami. Namun di sisi lain, pembahasan mengenai dunia politik selalu menarik perhatian banyak orang. Kini orang-orang sudah mulai beralih mencari media-media baru untuk meng-update pengetahuan dan wawasan mereka tentang peristiwa politik yang sedang hangat dibicarakan. Salah satu media baru itu adalah podcast. Anda dapat mencoba mengemas konten dengan tema podcast politik dengan lebih sederhana dan menarik agar mudah dimengerti oleh masyarakat luas. Salah satu channel podcast yang berhasil membawakan tema podcast politik dengan baik adalah Asumsi Bersuara.

06 Pengetahuan

Tema podcast edukasi atau pengetahuan bukan berarti konten berisi tentang pelajaran-pelajaran yang ada pada sekolah formal. Di tema podcast ini, Anda dapat membahas mengenai kisah-kisah inspiratif, review buku, hingga pelajaran bahasa asing. Beberapa contoh channel podcast yang dapat menjadi inspirasi di antaranya TED Talks Daily, Belajar Bahasa Inggris, dan SiKutuBuku.

07 Bisnis dan Teknologi

Bisnis dan teknologi merupakan tema podcast yang paling banyak diminati oleh pendengar dari berbagai kalangan, mulai dari pebisnis bahkan hingga pelajar yang menganggap bisnis merupakan topik yang penting untuk dipahami. Jika ingin membuat channel dengan tema podcast bisnis dan teknologi, ada beberapa fokus topik pembahasan yang dapat dipilih, misalnya interview dengan pakar bisnis yang memotivasi, merangkum tips dalam berbisnis. Ada beberapa channel podcast Indonesia yang dapat dijadikan sebagai inspirasi dalam memulai podcast dengan tema bisnis dan teknologi, misalnya Ngobrol Bisnis, Bisnis Bareng Bram, serta FINTALK.

08 Hiburan

Pada tema podcast ini, pendengar podcast bisa mendapatkan berbagai pengetahuan baru seputar dunia seni, baik musik, sastra, film, dan masih banyak lagi. Anda dapat mengundang pakar atau profesional dari bidangnya untuk membahas lebih dalam mengenai dunia atau karya seni tertentu. Saat ini hanya ada beberapa channel dari Indonesia yang mengkhususkan untuk membahas tema podcast seni dan hiburan, seperti Ngobam, Prambors Podcast, Pakar Sastra.

09 Keluarga

Podcast tidak hanya terbatas sebagai sarana hiburan dan edukasi bagi orang dewasa saja. Faktanya, kini mulai banyak channel podcast yang berisi dongeng untuk anak-anak. Di tema podcast keluarga, ada berbagai topik pembahasan yang cocok didengarkan oleh pasangan suami istri atau anak-anak. Jika anak-anak dapat mendengarkan dongeng, maka pasangan suami istri bisa mendapatkan pengetahuan atau inspirasi baru dari cerita pengalaman pasangan suami istri lain. Beberapa rekomendasi tema channel podcast keluarga ini di antaranya Dongeng Paman Gery dan Curhat Babu.

10 Olahraga

Jika dahulu ada program televisi atau rubrik khusus yang membahas mengenai dunia olahraga, kini para penggemar olahraga dapat mengikuti perkembangan terbaru tentang dunia olahraga dari podcast. Pada tema podcast ini, Anda dapat memilih untuk membahas dunia olahraga secara umum, atau memilih satu bidang olahraga yang spesifik, misalnya basket atau sepak bola, seperti Box2Box Football Podcast.

Sumber : RUMAHWEB

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!