Elemensatu Kuvisik

Rekor dan pencapaian Marc Marquez di musim ini

MisterIK11
0





El melaporkan bahwa, Marc Marquez sudah dipastikan jadi kampiun MotoGP 2016 berkat kemenangannya di Motegi. Ia sekaligus membuat sejumlah rekor dan pencapaian khusus.

Rider Repsol Honda tersebut memastikan tidak bisa lagi dikejar para pesaing berkat kemenangannya di MotoGP Jepang, Minggu (16/10/2016), kendatipun musim ini masih menyisakan tiga seri lagi.

Ini merupakan titel juara dunia grand prix kelima buat Marquez, dengan tiga di antaranya merupakan gelar di kelas primer. Mengingat ia baru tampil di MotoGP pada 2013 maka tiga dari empat musim Marquez di kelas primer sudah dilalui dengan titel juara dunia.

Keberhasilan rider Spanyol 23 tahun itu musim ini di antaranya dilalui dengan keberhasilan meraih angka di seluruh seri balapan sejauh ini (15 dari 18 seri balapan).

Berikut rekor dan pencapaian Marquez seperti dirangkum laman web HondaRacingCorporation.com

- Marquez adalah rider termuda yang meraih tiga titel juara dunia kelas primer, pada usia 23 tahun dan 242 hari, memecahkan rekor dari Mike Hailwood yang berusia 24 tahun dan 108 hari ketika meraih titel 500cc ketiganya pada 1964.

- Marquez juga rider termuda sepanjang masa yang meraih lima titel juara dunia grand prix (seluruh kelas), memecahkan rekor dari Valentino Rossi yang berusia 24 tahun dan 238 hari ketika meraih titel kelimanya pada MotoGP 2003.

– Marquez memenangi seluruh tiga titel MotoGP-nya bersama Honda, menyamai jumlah titel kelas primer Valentino Rossi ketika menunggangi motor Honda (satu titel 500cc dan dua titel MotoGP). Satu-satunya rider yang pernah meraih gelar juara dunia kelas primer lebih banyak bersama Honda adalah Mick Doohan yang menyabet titel 500cc pada lima kesempatan.

- Lima titel juara dunia Marquez menyamai jumlah koleksi Jorge Lorenzo. Cuma ada satu orang rider Spanyol yang punya lebih banyak gelar juara dunia yakni Angel Nieto dengan 13 titel (tujuh di 125cc, enam di 50cc).

- Dengan kemenangannya di Jepang, Marquez sudah meraih setidaknya lima seri balapan di setiap musimnya untuk tujuh musim terakhir (di seluruh kelas). Dalam sejarah balapan grand prix hal itu sebelumnya cuma pernah dilakukan dua rider lain: Giacomo Agostini dan Mike Hailwood.

- Pada 2016 Marquez sudah meraih lima kemenangan, 11 podium, dan enam pole, yang kesemuanya lebih banyak dibandingkan rider MotoGP lain sejauh ini.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!