Elemensatu Kuvisik

Indonesia tidak perlu khawatir soal gangguan internet

MisterIK11
0

Pengguna internet di seluruh dunia dikabarkan akan mengalami gangguan karena server domain utama menjalani pemeliharaan rutin. Bagaimana dengan Indonesia?

Dalam keterangan tertulisnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengimbau kepada pengguna Indonesia untuk tidak khawatir secara berlebihan atas isu tersebut.

Isu gangguan internet global ini muncul karena pada 11 Oktober 2018, Internet Corporation for Assigned Names and Number (ICANN) melakukan pergantian key signing key (KSK) pada root server-nya. Pergantian KSK ini berpotensi terdampak pada DNS resolver milik Internet Service Provider (ISP).

Menurut berita bisnis hari ini, untungnya, para ISP di Indonesia telah mengantisipasi adanya pergantian KSK ini sehingga pengguna internet di Indonesia tidak akan terdampak olehnya.

"Pergantian root server ICANN ini telah diantisipasi oleh pengelola domain di seluruh dunia sejak dua tahun lalu. Artinya, para ISP yang telah menggunakan DNS Resolver terbaru tidak akan terdampak oleh pergantian KSK root server ICANN," kata Ketua Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI).

Kendati demikian, Kominfo mengimbau para ISP Indonesia yang belum menggunakan DNS Resolver terbaru agar tetap waspada agar pergantian root server ICANN tidak berpotensi merugikan para pelanggan ISP.

"Kominfo mengimbau ISP atau provider yang menjalankan DNS resolver harus memastikan keys root di server DNS Resolver update. ISP juga diimbau agar menggunakan versi terbaru dari software DNS-nya untuk menjamin update key-nya berjalan dengan baik," Kominfo.

Selain itu, Kominfo juga mengimbau kepada pengguna internet di Indonesia agar tidak khawatir atas isu gangguan internet global ini. Kominfo juga menyarankan kepada pengguna untuk menghubungi ISP atau provider jika ada anomali.

"Sekali lagi, Kominfo mengimbau pengguna internet Indonesia tidak perlu khawatir dan melalukan apa-apa untuk koneksi internetnya. Jika terjadi anomali harap hubungi ISP atau provider yang mengelola DNS resolvernya untuk memastikan DNS resolver-nya berjalan dengan baik," katanya.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!