Elemensatu Kuvisik

Proses pengajuan pinjaman dipengaruhi oleh empat hal ini

MisterIK11
0

Saat anda mengajukan sebuat kredit kemudian anda mengalami penolakan, tentu saja anda sebagai nasabah akan merasa kesal, kan? Tetapi mungkin ada beberapa hal yang anda lupakan padahal ini amat mempengaruhi hasil pengajuan kredit anda.

Tentu saja mengalami penolakan pengajuan kredit akan sudah cukup membuat anda kaget, bagaimana apabila anda ditolak tanpa tahu penjelasannya.

Bank memang tidak pernah memberikan informasi atau penjelasan mengapa kredit dapat ditolak pengajuannya.

Dan hal itu merupakan kebijakan umum yang diterapkan oleh Bank. Inilah yang kemudian seirng membuat kebanyakan orang merasa geram dan bingung.

Saat mungkin anda berada pada situasi genting dan membutuhkan dana pinjaman yang cepat tetapi malah pengajuan pinjaman ditolak, tentu saja setiap peminjam sudah merasa bahwa segala syarat untuk meminjam telah dipenuhi serta memiliki kemampuan untuk mengangsurnya. Lalu mengapa masih ditolak?

Sebaiknya anda tidak segera merasa kesal ataupun menyerah dengan keadaan, cobalah memperhatikan hal-hal yang telah dijelaskan dibawah ini.

01 Peran KTP atau Identitas Diri

Kartu Tanda Penduduk atau KTP ialah sebuah identitas resmi yang fungsinya sebagai bukti bahwa kita adalah penduduk resmi Negara Kesatuan republk Indonesia.

KTP diterbitkan oleh badan pemerintah yang mana ini berlaku pada seluruh NKRI. Berdasarkan uraian singkat tersebut maka sudah jelas bahwa KTP ialah salah satu dokumen penting dan resmi yang diperlukan untuk banyak hal.

KTP menempati posisi teratas untuk dokumen yang dapat diperacaya validitasnya oleh pihak lain.
Maka bukan suatu keanehan apabila bank selalu meminta KTP sebagai syarat utama pendaftaran kredit. Pemberian fasilitas kredit bisa didapatkan setelah diverifikasinya serta terdapat persetujuan antara pihak bank dan pengaju pinjaman. Hal ini juga berlaku dalam proses peminjaman uang.

02 Domisili di kota besar lebih mudah disetujui

Poin selanjutnya setelah KTP adalah anda harus mencermati wilayah tempat tinggal anda. Memang syarat yang satu ini tidak tercantum secara nyata pada formulir aplikasi kredit, tetapi sebenarnya hal ini berpengaru pada semua pengajuan kartu kredit maupun pinjaman tunai lainnya.

Sebagai contoh adalah wilayah-wilayah yang kecil kemungkinan anda mendapat persetujuan kartu kredit antara lain di pedalaman Irian Jaya, Desa terpencil di Belitung, di Ujung Sumatra, dan tempat tempat terpencil lainnya.
Mengapa begitu? karena tidak seluru daerah tersebut menjadi jangkauan dari Bank yang anda inginkan. Juga, bank akan bertindak selektif terhadap form yang diajukan oleh calon nasabah kredit yang wilayah tempat tinggalnya diluar jangkauan wilayah bisnis bank tersebut.

Maka dari itu, anda perlu mengusahakan bahwa mengajukan kredit pada bank penerbit yang sesuai dengan domisili anda.

Bagaimana cara untuk mengetahui apakah kota anda telah mencakup daerah pemasaran kartu kredit bank tersebut? caraya adalah anda dapat mengetahuinya dari nomer telepon card center bank penerbit kartu kredit yang tersedia.

03 Memiliki telepon rumah atau FIX Line

Pada zaman dimana hampir semua orang memiliki smartphone, orang-orang cenderung mengabaikan peran penting dari telepon rumah, padahal sesungguhnya telepon rumah amat berperan penting dalam tiap pengajuan kartu kredit pada bank.

Poin ketiga inilah yang seringkali diabaikan oleh para calon nasabah kartu kredit, sepele namun bisa jadi alasan pengajuan anda ditolak. Pendeknya, telepon rumah amat penting untuk menganalisis kredit anda.

Peran penting dari telepon rumah ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang anda bahwa anda bukanlah orang yang suka berpindah-pindah tempat atau nomaden.

Bahkan beberapa bank memberi syarat anda untuk menuliskan tiga sambungan telepon fixed line yakni dirumahm ditempat kerja, serta saudara anda yang tidak tinggal serumah dengan anda.
Tetapi juga ada yang hanya meminta dua sambungan fixed line yakni tempat kerja anda dan saudara anda yang tidak tinggal serumah dengan anda.

Mengapa peran nomer telepon fixed line ini penting? tentu saja bank ingin mendapatkan jaminan bahwa data yang anda berikan ketika memasang telepon pada Telkom adalah data anda yang sebenarnya, atau dengan kata lain merupakan data yang valid.
Ini tentu berbeda dengan telepon genggam yang bisa diakali serta dapat diganti sewaktu-waktu.

04 Penghasilan

Bank umumnya memiliki kebijakan bahwa maksimal cicilan pinjaman tidak boleh melewati batas presentase tertentu, misalnya sebesar 30% dari gajinya setiap bulan.

Apabila sesuai dengan analisa ditemukan bahwa porsi cicilan dengan penghasilan diatas batas yang telah ditetapkan oleh bank, maka besar kemungkinan pengajuan kredit anda ditolak.
Umumya bank memberi minimal gaji sebanyak 6.000.000 setiap bulannya, tetapi juga ada yang memberi syarat penghasilan harus lebih tinggi.

Pihak bank telah mengkaji dan melakukan verifikasi terhadap jumlah pendapatan tersebut. Maka dari itu, pada saat pengajuan kredit, seorang calon peminjam harus memastikan bahwa gajinya memadai untuk mengangsur pinjamannya.

Itulah beberapa aspek yang terkadang masih kerap diabaikan, tetapi nyatanya amat berpengaruh terhadap persetujuan ada penolakan ajuan kartu kredit anda.

Pengajuan pinjaman secara online pun kini juga semakin dipermudah! Apabila dulu anda harus pergi menuju bank maka kini dengan bermodalkan internet anda dapat menjangkau kebutuhan anda dengan mudah.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!