Pangkalan Luar Angkasa Tiongkok ditargetkan siap di tahun 2022

elemensatu
0

Elemensatu - China Manned Space Engineering Office (CMSEO) mengumumkan akan memulai proses pembangunan pangkalan luar angkasa miliknya. Ini lebih cepat dari perkiraan sebelumnya.

CMSEO diperkirakan akan meluncurkan misi pertamanya dalam waktu dekat, dan menargetkan akan menyelesaikan pangkalan luar angkasa tersebut pada tahun 2022.

Peluncuran misi pertama organisasi asal Tiongkok ini dinilai mengejutkan sejumlah pihak, meski Tiongkok telah diketahui masyarakat dunia berambisi untuk membangun pangkalan luar angkasa.

Pada tahun 2016 lalu, Tiongkok meluncurkan laboratorium luar angkasanya bertajuk Tiangong-2, dan laboratorium ini disebut akan mencapai orbitnya pada bulan Juli mendatang.

Namun, saat ini, Tiongkok diperkirakan akan meluncurkan roket kelas komersial serupa roket yang digunakan SpaceX, namun dirancang sehingga berharga lebih terjangkau.

Sebagai langkah awal, roket ini harus menjalani sejumlah pengujian, diperkirakan akan dimulai pada pertengahan kedua tahun ini. Kemudian, CMSEO juga harus memilih dan melatih astronot untuk dapat memulai proses peluncuran misi tersebut.

Misi pertama CMSEO ini ditujukan untuk menciptakan pangkalan luar angkasa yang dapat menampung hingga tiga astronot di saat bersamaan dan diklaim mampu bertahan dalam jangka waktu 10 tahun.

Pangkalan luar angkasa ini akan terdiri dari tiga modul, yaitu satu kabin dan dua laboratorium, dan ditujukan sebagai basis penelitian terkait dengan topik seperti ilmu makhluk hidup serta bioteknologi.

Selain itu, pangkalan luar angkasa ini juga diharapkan dapat menjadi pesaing untuk International Space Station.

Pengumuman ini disampaikan oleh badan berita nasional Tiongkok, Xinhua News, dan diperkirakan akan berdampak serius pada politik internasional terkait program luar angkasa. Namun, Tiongkok dilaporkan berencana untuk berbagi fasilitas di pangkalan tersebut dengan negara lainnya.

Sebagai bagian dari tujuan rencana kerja sama yang dicanangkannya, CMSEO mengaku akan berkolaborasi dengan United Office for Outer Space Affairs, guna menyelesaikan pemilihan aplikasi untuk pangkalan luar angkasa Tiongkok, dan meluncurkan sejumlah proyek hasil kolaborasi keduanya.

Data penting lain pada proyek ini akan dirilis CMSEO pada akhir tahun 2019, saat roket distributor bernama Long March-5B akan melakukan perjalanan perdananya, dalam persiapan untuk menjalankan misi pangkalan luar angkasa.
Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!