Elemensatu Kuvisik

Aktifitas belanja online meningkat saat Bulan Puasa

MisterIK11
0

Elemensatu - Selain ibadah, ada satu aktivitas yang sering dilakukan masyarakat Indonesia saat bulan Ramadhan yaitu belanja online.

Kegiatan satu ini rupanya sering dilakoni selama puasa. Bahkan meningkat dari bulan sebelumnya, demikian terungkap dari riset yang dilakukan Shopback.

Pada Ramadhan tahun ini, platform e-commerce mencatat kenaikan transaksi 3-5 kali lipat dibanding bulan sebelumnya. ShopBack sendiri mencatat peningkatan transaksi hingga 3 kali lipat pada Ramadhan 2018.

"Daya beli masyarakat pada Ramadhan selalu meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini pun ditujukan dengan rata-rara belanja masyarakat pada Ramadhan tahun lalu yang mencapai Rp 1.2 juta, meningkat 74% dibanding tahun sebelumnya," ujar Yolanda Margaretha, Head of Business Development ShopBack Indonesia.

ShopBack melihat penjualan di platform e-commerce mulai menanjak pada 10-11 hari menjelang Ramadan dan puncaknya pada minggu ketiga Ramadhan, dimana masyarakat sudah mulai menerima bonus THR. Sedangkan untuk waktu belanja, pengguna lebih sering berbelanja pada pukul 11.00-15.00.

Terkait pola perilaku belanja online saat Ramadhan tahun ini, ShopBack telah mensurvei lebih dari 6500 responden di lima kota besar di Indonesia, yakni Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan dan Makassar. Hasilnya setengah responden (53,5%) mengaku akan mengalokasi seperempar dari THR yang diterima untuk berbelanja online. 

Jika dilihat dari data riset ShopBack dalam dua tahun belakang, responden semakin bijak dalam memanfaatkan THR dalam berbelanja online. Responden yang memilih mengalokasikan hanya seperempat dari THR mereka untuk belanja online naik 38% dari 15% di 2017 menjadi 53% di 2019.

Masih hasil survey yang sama, fesyen masih menjadi barang yang sering dibeli responden di platform online pada Ramadhan pada tiga tahun terakhir. Menariknya, produk digital (pulsa, paket data, token PLN, dan voucher game) menjadi lebih populer dalam dua Ramadhan terakhir.

Beragam promo diskon dan cashback menjadi hal utama yang mempengaruhi responden dalam berbelanja online menjelang dan saat Ramadhan. Persentasenya mencapai 79,4%. Diikuti dengan harga murah (8,4%) dan lebih efisien (4,5%).

Promo memang selalu menarik perhatian masyarakat dalam berbelanja. Tidak mengherankan kalau banyak platform e-commerce dan brand-brand lainnya berbondong menawarkan promo spesial Ramadhan.

"ShopBack senantiasa mendorong masyarakat untuk dapat berbelanja online dengan bijak, cermat dan hemat. Pada Ramadhan kali ini pun, ShopBack menggelar Gebyar Ramadhan Online, dengan promo diskon hingga 90% dan tambahan cashback hingga 5 kali lipat," pungkas Yolanda.

Sumber : Detik Com dan ShopBack

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!