Indonesia menjadi salah satu bagian 10 sungai terpendek di Dunia

elemensatu
0

Elemensatu - Jika Sungai Nil didapuk sebagai sungai terpanjang di dunia, lantas apakah kamu tahu sungai terpendek di dunia? Rupanya ada sepuluh sungai yang diangap paling pendek di dunia, lho.

Bahkan salah satu sungai terpendek di dunia tersebut dapat kamu temukan di Indonesia.

Dilansir Seasia, sungai terpendek itu ialah Sungai Tamborasi yang terletak di Desa Tamborasi, Kecamatan Wolo, Kabupaten Kolaka, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Sungai ini hanya memiliki panjang 20 meter, dengan lebar 15 meter. Menarik bukan? Ya, jika dilihat, Tamborasi seolah tak mirip seperti sungai, melainkan lebih cocok disebut sebagai danau.

Airnya yang berwarna hijau jernih. Hulu dan hilir sungainya berada di dalam satu tempat yang sama. Hulunya hanya berjarak 20 meter dari hilir yang langsung bermuara ke laut.

Setelah Sungai Tamborasi, sungai terpendek berikutnya adalah Sungai Kovasselva yang terletak di Norwegia. Hulu sungai ini berada di Danau Kovassvatnet dan berakhir di laut Norwegia. Sungai yang terletak di Pulau Hitra ini hanya memiliki panjang 22 meter saja.


Kemudian posisi ketiga sungai terpendek di dunia berada di Distrik Gagra Georgia. Namanya sungai Reprua. Sungai ini hanya memiliki panjang aliran 27 meter. Mata air utamanya berasal dari Gua Krubera.

10 Sungai terpendek di Dunia - Tidak hanya menjadi sungai terpendek di dunia, Sungai Reprua juga menjadi sungai terdalam di dunia dengan kedalaman lebih dari 2300 meter. Sungai ini bermuara langsung ke Laut Hitam.

Selanjutnya, Sungai Ombla yang ada di Kroasia juga menjadi sungai paling pendek di dunia. Sungai yang mengalir sejauh 30 meter ke Teluk Rijeka Dubrovacka di Laut Adriatik ini juga menjadi salah satu sumber mata air bagi kota Dubrovnik.

Di posisi kelima, Sungai Jezernica di Slovenia menjadi sungai terpendek di dunia. Jezernica adalah salah satu dari 59 sungai di Slovenia yang merupakan anak sungai dari Sungai Idrijca yang bermuara di Laut Adriatik.

Selain beberapa sungai yang telah disebutkan di atas, berikut daftar lengkap 10 sungai terpendek yang ada di dunia:
1. Sungai Tamborasi, Indonesia (20 meter)
2. Sungai Kovasselva, Norwegia (20 meters)
3. Sungai Reprua, Georgia (27 meters)
4. Sungai Ombla, Kroasia (30 meters)
5. Sungai Jezernica, Slovenia (55 meter)
6. Sungai Roe, Montana, Amerika Serikat (61 meter)
7. Sungai Rio Los Patos, Republik Dominika (61 meters)
8. Sungai D, Oregon, Amerika Serikat (130 meter)
9. Sungai Azuis, Brasil (147 meter)
10. Sungai Aril, Italia (175 meter)

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!