Pasang Iklan Elemensatu

Manfaat Musik untuk kecerdasan Manusia yang perlu diketahui

elemensatu
0

Elemensatu - Manfaat musik memang merupakan entitas yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia. Umumnya, Musik digemari oleh masyarakat karena hanya sekedar untuk hiburan belaka seperti Musik Pop, Jazz, Blues, dan tentunya Musik Dangdut.

Tetapi tahukah kamu, bahwa ternyata musik mempunyai manfaat tersendiri selain hanya sebagai hiburan, yaitu mencerdaskan otak manusia.

Manfaat Musik untuk kecerdasan Manusia yang perlu diketahui - Mungkin terlihat sedikit aneh bahwa mendengarkan musik dapat mencerdaskan otak manusia. Tetapi itulah faktanya.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa mendengarkan musik dapat mencerdaskan otak manusia karena harmonisasi dari sebuah alunan musik mengirim gelombang electromagnetic ke dalam indera pendengaran yang kemudian dirangsang oleh otak. Apa yang dirangsang otak adalah ketukan nada, nilai not, melodi, semua itu disimpan di dalam otak manusia.

Merangsang Daya Cipta

Salah satu manfaat musik adalah merangsang daya cipta. Mengapa demikian? Karena saat mendengarkan musik, secara tidak sadar bunyi musik tertentu mempengaruhi alam bawah sadar manusia. Yang dimaksud merangsang daya cipta di sini adalah berkaitan dengan bagaimana seseorang itu berfikir kreatif. Maka dari itu, jenis musik (pop, rock, jazz dan lain sebagainya) yang kita dengar sangat mempengaruhi daya kreativitas seseorang.

Melatih Kepekaan Suara

Tentu saja, manfaat musik dapat meningkatkan kemampuan seseorang dalam mengidentifikasi suara yang lebih baik dari pada seseorang yang tidak pernah mendengarkan musik. Ketika seseorang sering mendengarkan musik, dengan sendirinya ia akan jauh lebih mudah mengenal suara dan sistem tangga nada walaupun bukan secara teoritis.
Bagi orang-orang yang telah lama berlatih musik, mereka tidak bermain musik di atas persoalan teknis, melainkan rasa. Nah, bermain dengan rasa ini tidak bisa dipelajari jika tidak hobi mendengarkan musik.

Meningkatkan Gairah Energi

Seseorang yang berolahraga sambil mendengarkan musik dapat meningkatkan gairah energi dalam tubuh manusia. Segala elemen yang terdapat di dalam musik akan memancing energi tubuh manusia untuk bekerja lebih keras lagi. Tentu ini hanya berlaku untuk jenis tertentu dan olahraga yang ringan. Dengan kata lain, manfaat mendengarkan musik ini berlaku jika antara musik dan olah raga  diadaptasikan secara seimbang.

Efek Psikologis

Apa yang kamu rasakan saat mendengarkan musik? Apapun itu, setiap orang pasti berbeda-beda. Tetapi yang jelas adalah mendengarkan musik sangat mempunyai efek tertentu secara psikologis yang membawa pada sisi positif atau negatif. Umumnya, orang mendengarkan musik sesuai dengan musik yang diminatinya. Jika musik yang menjadi favoritnya adalah jenis musik yang positif, maka itu bisa memperkuat efek psikologis yang mengarah pada suasana positif pula.

Mengurangi Stres

Stres biasanya dialami oleh seseorang yang merasa tidak nyaman karena tekanan yang datang dari berbagai persoalan. Dengan mendengarkan musik tingkat stres menjadi berkurang. Ini karena musik merangsang sel dan detak jantung menjadi santai dan stabil. Ada banyak manfaat musik bagi kehidupan sehari-hari. Tetapi, semua itu sifatnya relatif tergantung kondisi personalitas manusia.

Penulis : Unknown
Sumber : Blukang Media

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!