Beberapa software untuk kebutuhan membuat film

elemensatu
0

Di jaman modern seperti sekarang ini Anda harus bisa mengikuti perkembangan teknologi agar tidak menjadi orang yang tertinggal di belakang. Begitu pesatnya perkembangan teknologi terutama dalam bidang perfilman Indonesia.

Hampir setiap minggu ada saja film terbaru yang muncul di layar kaca. Ini membuat perfilman Indonesia menjadi semakin kaya dengan berbagai film baru, yang lebih menghibur dan tentunya memiliki nilai kebaikan tersendiri.

Dalam pembuatan film harus menggunakan aplikasi dan software yang bagus agar film yang diproduksi bisa lebih berkualtas dan menarik saat ditonton.

01 Adobe Premiere Pro

Anda bisa menggunakan software Adobe Premiere Pro dalam pembuatan film. Kelebihannya terdapat fitur pengeditan yang cukup lengkap dan sudah teruji sangat praktis saat digunakan oleh kalangan Youtuber, pembuat film, dan beberapa Vlogger lainnya.

Kekurangannya adalah biaya yang dikenakan untuk perbulannya sedikit lebih mahal dibandingkan software lainnya dan untuk Anda yang masih seorang pemula harus benar-benar menyesuaikan diri saat menggunakan software ini.

02 Sony Vegas Pro One

Pilihan yang kedua Anda bisa menggunakan Sony Vegas Pro 1. Kelebihan dari software ini adalah memiliki fitur pengeditan yang bisa digunakan oleh berbagai kalangan untuk yang sudah professional maupun Anda yang masih pemula. Selain itu, cara pengoperasian yang cukup mudah dengan tampilan sangat bersahabat.

Kekurangannya adalah masih ada beberapa fitur yang tidak ada di Sony Vegas Pro 1. Tidak selengkap software Adobe Premiere Pro.

03 Cyberlink Power Director

Software pembuatan film yang satu ini adalah yang paling ringan sehingga bisa dioperasikan di PC yang memiliki spesifikasi terbatas. Fitur yang disediakan juga sudah lengkap dengan berbagai menu seperti motion tracking, chroma key, dan color adjustment.

Namun kekurangannya, hasil yang dikeluarkan oleh software ini tidak sebagus dua software sebelumnya (Premiere dan Vegas Pro). Software ini tergolong sangat ringan dengan fitur terbatas sehingga kurang sesuai untuk kebutuhan industri dan professional.

04 Corel Video Studio X7

Software ini memiliki banyak pilihan menu edit. Kelebihannya, sudah teruji dari salah satu pengembang multimedia yang paling terkenal di dunia. Selain itu, software ini juga sangat ringan sehingga cocok untuk PC dengan spesifikasi yang terbatas.

Kekurangannya, masih terbatas di menu fitur music dan juga color adjustment.

05 AVS Video Editor

Kelebihan dari software ini adalah bisa diunduh secara gratis, sangat cocok digunakan oleh pengguna yang memiliki PC dengan spesifikasi terbatas. Juga sudah memiliki berbagai fitur dilengkapi dengan video cache yang berguna agar proses pengeditan video menjadi lebih cepat.

Kekurangannya, tampilannya sangat sederhana dan kurang sesuai khususnya untuk kalangan para profesional.

06 Windows Video Maker

Kelebihannya, software ini disediakan secara gratis dan sudah ada bawaan dari sistem operasi Windows itu sendiri. Fiturnya juga masih sangat sederhana cocok untuk kalangan pemula.

Kekurangannya, karena fitur yang sederhana dan terbatas, membuat software Windows Movie Maker kurang cocok digunakan oleh kalangan profesional.

07 Avidemux Video Editor

Kelebihan dari software ini adalah sudah didukung oleh berbagai jenis format file video dan juga audio. Software ini juga bersifat open source sehingga siapapun bisa memodifikasi ulang software dengan mudah.

Kekurangannya, masih menggunakan fitur yang sederhana dan cukup terbatas sehingga kurang cocok untuk digunakan kalangan profesional yang memiliki kebutuhan editing cukup banyak.

08 Camtasia Studio 8

Kelebihan pada software yang satu ini adalah sangat cocok untuk kalangan pemula karena spesifikasinya yang kecil, ringan, dan sederhana. Selain itu, software ini juga sudah dilengkapi dengan fitur screen recording untuk merekam semua aktivitas layar.

Kekurangannya, kurang cocok untuk kalangan profesional dan industri pembuatan film.

09 Pinnacle Studio 16

Software ini sangat cocok dalam pembuatan slideshow. Kelebihannya yang utama adalah mampu melakukan perekaman layar dalam kualitas yang cukup tinggi melalui fitur screen recording yang tersedia. Ada juga berbagai pilihan template untuk editing video

Kekurangannya, Anda tidak bisa menggunakan semua fitur atau fasilitas yang ada kecuali telah melakukan pembayaran dengan bandrol harga tertentu.

10 Hitfilm Express

Beberapa kelebihan yang Anda dapatkan jika menggunakan software ini adalah, gratis tanpa biaya saat mengunduh dan sudah dilengkapi dengan berbagai macam pilihan efek. Software ini juga sudah tersedia di berbagai platform, Windows maupun Mac.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!