Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Benarkah duduk lama bisa berpengaruh bagi kesehatan?

Pengaruh Duduk Lama bagi kesehatan

Duduk terlalu lama seringkali disebut membawa pengaruh buruk bagi kesehatan. Namun, tak banyak orang yang mengetahui apa saja dampak yang mungkin terjadi akibat duduk terlalu lama.

Kebiasaan duduk terlalu lama tak hanya bisa memicu masalah kesehatan fisik, tetapi juga mental. Berikut ini adalah enam masalah yang mungkin terjadi akibat terbiasa duduk terlalu lama, seperti dilansir WebMD.

Bisa Mengganggu Jantung

Sebuah studi pernah membandingkan dua dengan kondisi yang cukup mirip. Salah satu kelompok tersebut terdiri dari partisipan yang berprofesi sebagai sopir angkutan. Sedangkan kelompok lain terdiri dari konduktor atau penjaga.

Kedua kelompok ini memiliki pola makan dan gaya hidup yang serupa. Satu perbedaan signifikan di antara keduanya adalah kelompok pertama menghabiskan banyak waktu mereka dengan duduk, sedangkan kelompok lainnya tidak.

Hasil studi menunjukkan bahwa kelompok pertama, yang terdiri dari sopir angkutan, memiliki risiko penyakit jantung yang lebih besar. Risiko ini bahkan tampak dua kali lipat lebih besar dibandingkan kelompok yang terdiri dari konduktor atau penjaga.

Bisa Memperpendek Harapan Hidup

Menurut harian artikel terbaru, seorang individu yang sering duduk dalam waktu lama cenderung lebih dini mengalami kematian akibat semua penyebab. Risiko ini bahkan tidak berubah meski individu tersebut berolahraga setiap hari.

Namun ini bukan alasan untuk menghindari kebiasaan berolahraga. Individu yang terbiasa duduk dalam jangka waktu lama dan tidak berolahraga bisa memiliki harapan hidup yang lebih pendek lagi.

Sumber : MSN