Elemensatu Kuvisik

Fungsi dan Kegunaan USDT

MisterIK11
0

Jumpa lagi bersama Situs Harian Artikel Terbaru Elemensatu dan kali ini kami akan membahas fungsi dan kegunaan USDT dalam kehidupan sehari-hari di zaman now ini.

Tether adalah bagian utama dari ekosistem mata uang kripto. Per bulan Desember 2020, Tether meraih peringkat mata uang kripto terbesar keempat di dunia dengan kapitalisasi pasar sebesar hampir $20 M, sedikit di bawah Bitcoin, Ethereum, dan XRP. selain itu, Tether sering kali meraih peringkat koin dengan volume perdagangan harian tertinggi yang bahkan melampaui Bitcoin.

Tether (USDT) merupakan salah satu stablecoin paling populer di dunia dan dirancang untuk menjaga nilai 1:1 dengan dolar AS. Koin ini terdapat di berbagai blockchain dan telah mengalami peningkatan volume dan likuiditas perdagangan selama beberapa tahun terakhir.

Dalam laporan yang dilansir dari situs Binance, sama seperti stablecoin lainnya, USDT berguna untuk memperdagangkan mata uang kripto karena memungkinkan pedagang untuk menghindari volatilitas pasar yang umum terjadi pada BTC dan aset kripto lainnya. Pengguna stablecoin menghilangkan biaya tambahan dan penundaan dalam mengonversi di antara kripto dan mata uang fiat.

Apakah yang dimaksud oleh Tether USDT?

Tether (USDT) adalah stablecoin (mata uang kripto yang meniru nilai mata uang fiat) pertama di dunia. Tether awalnya dirilis pada tahun 2014 dengan nama Realcoin oleh investor Bitcoin Brock Piece, wiraswasta Reeve Collins, dan pengembang perangkat lunak Craig Sellers.

USDT awalnya diterbitkan di protokol bitcoin melalui Omni Layer, tetapi kemudian bermigrasi ke blockchain lainnya juga. Bahkan, seperti yang dapat dilihat pada diagram di bawah, sebagian besar pasokannya ada di Ethereum dalam bentuk token ERC-20. Tether juga diterbitkan di beberapa blockchain lainnya, termasuk TRON, EOS, Algorand, Solana, dan OMG Network.

Tether telah mengalami kesuksesan dan juga kontroversi – seperti kebanyakan mata uang kripto terkemuka di dunia.

Apalagi di masa-masa awalnya, harga USDT terbilang fluktuatif, bahkan sempat mencapai $1.2 di beberapa titik. Namun, koin ini telah mengalami penurunan volatilitas yang signifikan sejak awal 2019. Ini mungkin berkat peningkatan yang stabil dalam volume perdagangan, dan kemajuan pasar mata uang kripto secara keseluruhan.

Cara Kerja Tether USDT

Utilitas Stablecoin terletak pada stabilitasnya, berbeda dengan aset kripto yang lebih tradisional. Sebagai stablecoin, daya tarik Tether adalah penambatan, yang disebut juga dengan tethering, atau pematokan/pegging terhadap mata uang fiat. Pada awalnya, USDT dipatok persis ke USD, dengan $1 USD disimpan untuk setiap USDT yang beredar.

Meskipun aset satu banding satu awalnya adalah USD, Tether telah berkembang sehingga mencakup kepemilikan jaminan dengan setara kas, aset, dan piutang dari pinjaman dunia nyata.

Pentingkah Tether USDT Saat Ini?

Tether menjembatani kesenjangan antara mata uang kripto dan fiat. Aset ini menyajikan cara mudah bagi investor untuk melakukan transaksi 1:1 terhadap USD, tanpa volatilitas bawaan dari mata uang kripto lainnya.

Dengan menyediakan stabilitas ini, investor dapat memiliki aset digital yang mirip dengan mata uang fiat tetapi dengan kemudahan memperdagangkan koin-koin lain di pasar kripto. Fitur-fitur utama Tether menjadikannya koin yang populer – meskipun juga tidak kebal terhadap risiko.

Fitur - Fitur Utama

Rasio 1:1 (USD ke USDT)

Stabilitas (sama seperti USD yang dianggap stabil)

Tersedia di berbagai blockchain

Memliki berbagai kegunaan, jika dibandingkan dengan mata uang kripto lainnya

Fungsi dan Kegunaan USDT

Akses cepat ke stabilitas pasar

Jika harga Bitcoin atau aset kripto lain turun dengan pesat, Anda akan dapat menukarnya dengan USDT secara cepat daripada mencoba untuk menguangkannya.

Mudah memindahkan dana di antara berbagai bursa

Dengan Tether, Anda dapat memindahkan dana di antara bursa dengan sangat cepat. Hal ini juga berguna untuk perdagangan arbitrase dengan koin lain.

Berdagang di bursa yang hanya memfasilitasi kripto

Beberapa bursa tidak memiliki fasilitas setoran dan penarikan fiat, tetapi mengizinkan perdagangan USDT. Dengan mendapatkan Tether terlebih dahulu, Anda dapat berdagang di bursa jenis ini tanpa mengkhawatirkan volatilitas pasar jika Anda menempatkan dana perdagangan utama Anda dalam BTC (atau kripto lainnya).

Perdagangan bergaya Forex

Karena USDT dipatok terhadap USD, Anda dapat melakukan perdagangan bergaya Valas dengan menukar mata uang lokal (non-AS) menjadi USDT ketika nilainya tinggi terhadap USD. Kemudian, Anda dapat menguangkan ke mata uang lokal ketika mata uang lokal turun atau menukarnya dengan aset lain.

Cara menyimpan USDT

Selain Binance dan bursa mata uang kripto lainnya, Anda dapat menyimpan USDT di beragam dompet kripto. Dompet ini mencakup dompet web dan seluler (seperti Trust Wallet) atau dompet perangkat keras cold storage (seperti Ledger) melalui dompet perangkat lunak pihak ketiga.

Karena USDT dicetak di berbagai blockchain, Anda harus memastikan bahwa Anda mentransfernya dari dan ke jaringan yang sama.

Misalnya, jika ingin membuka halaman penarikan USDT Binance, Anda akan menemukan lima macam pilihan jaringan sebagai tujuan transfer: Binance Chain (BEP2), Binance Smart Chain (BEP20), Ethereum (ERC20), Tether (OMNI), dan Tron (TRC20).

Stablecoin memberikan banyak kemudahan dalam dunia perdagangan kripto karena pedagang tidak perlu mengonversi beberapa kali di antara mara uang fiat dan kripto. Oleh karena itu, USDT menjadi aset yang berguna dalam perdagangan kripto.

Meskipun terdapat berbagai pertanyaan mengenai validitas cadangan USD yang disimpan, volume selama beberapa tahun terakhir menunjukkan kepercayaan pada nilai Tether sebagai stablecoin. Selain USDT, Anda juga dapat memilih untuk menggunakan stablecoin lain, seperti BUSD, USDC, TUSD, dan PAX.

Sumber : Binance

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!