Internet dirusak oleh orang penyebar kebencian

elemensatu
0

Peran penting Internet sepanjang 50 tahun kiprahnya, banyak diganggu dan dirusak oleh mereka yang menyebarkan kebencian dan mengancam demokrasi. "Kekuatan internet untuk kebaikan sedang di bawah ancaman," kata pendiri World Wide Web (WWW) Sir Tim Berners-Lee memperingati 50 Tahun Internet.

Dikutip Daily Mail, baru-baru ini, ia mendesak pemerintah, kelompok kampanye dan individu untuk mendukung rencana baru dari yayasannya Web Fondation, yaitu membuat internet aman, adil dan dapat diakses oleh semua.

Berners-Lee berbicara pada peringatan 50 tahun Internet, yang diawali dengan profesor Universitas California, Los Angeles (UCLA) Leonard Kleinrock, mengirim pesan pertama pada jaringan komputer Arpanet, yang akhirnya menjadi internet.

“Sungguh mengherankan jika internet sudah berusia setengah abad. Tapi ulang tahunnya tidak sama sekali bahagia," tutur Berners-Lee .

Dua puluh tahun kemudian, terciptalah Www - pertama kali diusulkan sebagai sistem manajemen informasi ketika ia bekerja untuk Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir (Cern) - yang mengarah pada pembentukan teknologi secara umum.

"Internet dan WWW telah mengubah hidup kita menjadi lebih baik dan memiliki kekuatan untuk mengubah jutaan lainnya di masa depan," ujar Berners-Lee. "Tapi sekarang semakin sering kita melihat bahwa kekuatan untuk kebaikan ditumbangkan, baik oleh para scammer, orang-orang yang menyebarkan kebencian atau kepentingan pribadi yang mengancam demokrasi."

Berners-Lee mengatakan bahwa Web Foundation didirikan untuk mengkampanyekan web terbuka sebagai hak publik dan hak dasar. Dia akan menerbitkan kumpulan janji yang ditujukan untuk semua bidang masyarakat dan komitmen mereka untuk melindungi web di masa depan.

"Setahun lalu, saya menyerukan kontrak baru untuk Web, menyatukan pemerintah, perusahaan dan kelompok warga untuk membuat rencana tindakan yang jelas untuk melindungi web sebagai kekuatan kebaikan," tutur Berners-Lee. "Ulang tahun ini harus menandai saat kita bertarung demi web yang kita inginkan."

Yayasan belum mengkonfirmasi waktu menerbitkan kontrak, tapi mencantumkan beberapa prinsipnya di situs webnya. Yang mencakup janji oleh pemerintah untuk memastikan semua orang dapat terhubung ke internet dan menghormati hak dasar orang atas privasi.


Ini juga meminta individu untuk berjanji menjadi pencipta dan kolaborator online dan membangun komunitas yang kuat yang menghormati wacana sipil.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!