Elemensatu Kuvisik

Beberapa dentuman misterius yang pernah terjadi di Indonesia

MisterIK11
0
Berita Peristiwa Terbaru 2020

Pada pukul 02:00 WIB dinihari tadi, warga Jabodetabek dikejutkan dengan suara dentuman yang sangat keras dan bahkan sempat berulang kali.

Beberapa warga lalu mengaitkan fenomena tersebut dengan erupsi Gunung Anak Krakatau yang terjadi sejak Jumat lalu pukul 22.35 WIB. Namun, pihak Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMG) membantah hal tersebut.

Bahkan, menurut PVMBG, walaupun Gunung Anak Krakatau erupsi, namun erupsinya sangat kecil dan belum berbahaya. Selain itu, di pos pemantauan juga tidak terdengar suara dentuman.

Menurut berita peristiwa terbaru, sebenarnya dentuman keras yang terjadi tadi pagi, bukan yang pertama kalinya lho. Sebelumnya sudah beberapa kali terdengar dentuman keras seperti itu di wilayah Indonesia.

Februari 2011 - Jawa Timur

Fenomena dentuman yang terdengar dari perut bumi muncul di Kabupaten Trenggalek, Ponorogo, dan Tulungagung. Menurut warga, suara dentuman itu terdengar sepekan pada malam hari.

Desa-desa yang mengalami fenomena itu berada di wilayah pesisir pantai selatan. Meski demikian, tidak ada kerusakan akibat fenomena tersebut.

Februari 2016 - Trenggalek

Warga Dusun Selorejo dihebohkan dengan suara gemuruh yang tidak jelas dari mana asalnya. Padahal, lima tahun sebelumnya, fenomena serupa juga pernah terjadi di 7 kecamatan di Kabupaten Trenggalek.

Menurut para warga, suara dentuman juga disertai dengan getaran. Dentuman tersebut juga diikuti dengan suara gemuruh dan terjadi hingga puluhan kali dalam waktu malam.

Menurut beberapa warga, kejadian tersebut terjadi hingga empat hari berturut-turut di malam hari. Namun, hingga saat ini, belum diketahui penyebab dentuman tersebut.

Januari 2018 - Batam

Pulau Batam juga sempat mengalami fenomena dentuman yang disertai guncangan pada Januari 2018 lalu. Saat itu, menurut BMKG, dentuman bukan berasal dari gempa maupun petir.

Dentuman itu terjadi sekitar pukul 12.00 WIB dan terjadi sekali. Belum ada penjelasan terkait fenomena ini.

Desember 2018 - Jabar

Suara dentuman sempat menggegerkan warga Sukabumi, Bandung, dan Sumatera Selatan. Fenomena ini sempat membuat bingung masyarakat karena tidak ada penjelasan terkait hal tersebut.

Namun, misteri tersebut akhirnya terpecahkan. Menurut BMKG, suara dentuman berasal dari erupsi Gunung Anak Krakatau.

Februari 2019 - Pidie, Aceh

Warga Gampong Pasi Rawa, Kota Sigli, Kabupaten Pidie, Aceh dikagetkan dengan dentuman keras di siang hari. Dentuman itu terdengar dari arah laut dan membuat warga yang ketakutan langsung lari menyelamatkan diri.

Pihak BPBD Pidie yang mendapatkan laporan tersebut langsung mengecek asal suara di perairan Gampong Pasi Rawa. Namun belum diketahui asal usul suara tersebut.

April 2019 - Sukabumi

Dentuman misterius disertai getaran dirasakan masyarakat di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Namun, fenomena itu justru tidak terdeteksi oleh BMKG.

6 Dentuman itu terjadi pada Senin, 22 April 2014 sekitar pukul 08.30 WIB. Dentuman terdengar oleh masyarakat yang ada di wilayah Pantai Selatan.

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)

#buttons=(Ok, Go it!) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Check Now
Ok, Go it!